Kuliner

Ini dia! 5 alasan kenapa harus makan sate padang

sate padang

Sate merupakan salah satu makanan favorit di Indonesia. Sate di Indonesia sangat banyak macamnya, ada sate ayam, sate kambing, sate lilit, sate padang dan sate-sate lainnya, travelers. Kali ini kuliner yang akan kita bahas adalah Sate Padang. Check this out!

sate padang

kitabmasakan.com

Sesuai dengan namanya, Sate Padang merupakan sate khas dari daerah Padang, Sumatra Barat. Bedanya Sate Padang dengan sate-sate lainnya adalah daging yang digunakan merupakan daging sapi dan saus yang digunakan yaitu saus kuning kental. Sate Padang memang belum seterkenal Rendang, tapi sebagaimana makanan padang yang lain, rasa dari Sate Padang ini tidak perlu diragukan lagi kelezatannya. Berikut adalah 5 alasan kenapa Sate Padang merupakan makanan yang sangat nikmat.

 

1. Sate Padang terbuat dari daging sapi
Sate yang biasa kamu beli tiap hari di warung atau di penjual sate keliling dekat rumah biasanya terbuat dari daging ayam atau daging kambing. Tapi kalau Sate Padang, semuanya terbuat dari daging sapi, terkadang penjual juga memasukan jeroan sapi didalamnya. Daging sapi tersebut direbus dahulu sebelum dibakar, baru kemudian disajikan dengan kuah kuning. Ini berita gembira, lho, khususnya buat kamu yang alergi daging ayam maupun yang menghindari daging kambing karena kolesterolnya yang tinggi.

2. Sate Padang kaya rasa sampai ke serat-seratnya
Sebelum dibakar, daging sapi direbus dahulu dengan beraneka macam rempah-rempah, travelers. Rempah yang digunakan terdiri dari cabai rawit merah, bawang merah, bawang putih, asam kandis, ketumbar, jinten, kunyit, jahe, lengkuas, merica, gula dan garam yang dihaluskan. Jadi nggak heran kan kalau rasa daging Sate Padang khas banget karena bumbu dari rempah-rempahnya yang meresap ke dalam serat-serat daging.

3. Saus Sate Padang lezat bukan kepalang
Kalau kita lihat sekilas, saus dari Sate Padang itu seperti saus kacang yang dihaluskan. Tapi ternyata, Sate Padang yang asli itu bukan terbuat dari kacang tapi dari tepung beras yang sudah diencerkan kemudian dicampur ke dalam air rebusan daging yang kaya akan rempah-rempah tadi.
Hmmm .. jadi tau sekarang kenapa rasa Sate Padang nonjok banget!

4. Sate Padang pedas paling nikmat
Kita semua tau kan kalau masakan Padang terkenal dengan rasa pedasnya yang bikin lidah panas dan keringat bercucuran. Hal itu sudah jadi trademark untuk masakan padang. Anehnya, bukannya berhenti kita malah pengen nambah terus. Bagitu pula dengan Sate Padang, Sate Padang kurang nikmat rasanya kalau nggak pedas. Dan rasa pedas itu berasal dari saus kuning Sate Padang yang kental.

5. Sate Padang paling enak kalau makannya di Padang
Ada tiga macam Sate Padang, travelers, yaitu Sate Padang Panjang, Sate Padang Pariaman dan Sate Padang Kota. Perbedaan ketiganya ada di warna sausnya. Kalau Sate Padang Panjang sausnya berwarna kuning, Sate Padang Pariaman sausnya berwarna merah dan kalau Sate Padang Kota sausnya berwarna kecoklatan karena merupakan campuran dari saus Sate Padang Panjang dan Sate Padang Pariaman.

 

sate padang pariaman

gastronomy-aficionado.com

 

Sate Padang yang paling enak dan asli ya ada di Padang karena jika sudah berada di luar Padang maka biasanya rasanya sudah diubah atau dimodifikasi sesuai daerah tersebut. Pernah nggak kamu makan masakan Padang di Kota Padang? Di kota asalnya, Sate Padang harus dibakar dengan menggunakan arang yang terbuat dari tempurung kelapa. Rupa-rupanya arang tempurung kelapa ini juga ikut andil dalam membentuk rasa Sate Padang yang tiada duanya.

Nah, kalau kamu pengen tahu gimana aduhainya makan Sate Padang dengan pemandangan Kota Padang yang elok, buruan yuk pesan tiket pesawat ke Padang dan booking hotel di Kota Padang hanya di Pegipegi.com!

(Visited 3,321 times, 7 visits today)

Comments

To Top