Destinasi

Ini Dia 4 Spot Belajar Bikin Batik yang Seru di Jakarta

Selamat Hari Batik Nasional, travelers! Yap, sebagai kerajinan tangan khas Indonesia, batik terasa sangat mendarah daging di kehidupan sehari-hari.

Corak batik dapat ditemukan di berbagai hal. Yang paling sederhana adalah terdapat di baju atau kain batik yang kamu kenakan setiap hari Jumat atau saat menghadiri resepsi pernikahan.

Tapi, untuk menuliskan malam pada kain atau baju batik butuh keterampilan ekstra, lho. Tingkat kesulitan dan keunikan membatik bahkan diakui dunia, salah satunya lewat statusnya sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) dari UNESCO.

Nah, untuk belajar membatik, nggak perlu jauh-jauh ke Solo atau Yogyakarta. Karena di Jakarta, ada beberapa spot seru untuk mempelajari keterampilan membatik. Penasaran? Cek di bawah ini, yuk!

Museum Tekstil

Terletak di jalan KS. Tubun, Palmerah, Museum Tekstil sebuah cagar budaya yang secara khusus mengumpulkan, mengawetkan, serta memamerkan karya-karya seni yang berkaitan dengan pertekstilan Indonesia. Di sini, kamu bisa melihat berbagai koleksi tekstil Indonesia berikut sejarahnya. Mulai dari koleksi kain tenun, koleksi kain batik, koleksi peralatan, dan koleksi campuran. Wisatawan yang berkunjung ke museum ini dapat menyaksikan aneka kain batik bermotif geometris sederhana hingga yang bermotif rumit, seperti batik Yogyakarta, Solo, Pekalongan, Cirebon, Palembang, Madura, dan Riau. Nggak cuma melihat, kamu juga bisa belajar membatik ditemani pemandu yang setia membantu kamu.

Sanggar Seni Budaya Jawa Jawi Java

Berlokasi di jalan Badan Dagang Negara II, Cilandak Barat, Sanggar Seni Budaya Jawa Jawi Java adalah spot khusus buat kamu yang ingin belajar membatik. Setiap hari Selasa dan Sabtu, sanggar ini mengadakan kelas yang bisa diikuti pengunjung dewasa maupun anak-anak.

Nah, keberadaan sanggar seni ini bertujuan mengenalkan budaya batik ke masyarakat luas. Sehingga, teknik membatik di sini cukup lengkap, mulai dari yang mudah hingga advanced. Nggak hanya membatik, mahasiswa asing juga berkesempatan untuk bermain gamelan, alat musik tradisional dari Jawa.

Museum Nasional

Berlokasi di jalan Merdeka Barat 12, Museum Nasional atau yang akrab disapa Museum Gajah merupakan salah satu museum tertua dan terpenting di Indonesia. Hadir dengan empat lantai pameran, kamu dapat menemukan banyak kebudayaan unik dengan sejarahnya masing-masing. Mulai dari artefak-artefak manusia purba dan cerita tentang kehidupan mereka hingga ruang dengan tema ilmu pengetahuan dan teknologi yang menyimpan berbagai koleksi aksara, bahasa, sistem hukum, astronomi, arsitektur, pengolahan makanan, alat perlindungan, alat komunikasi, ekonomi, dan transportasi. Selain itu, Museum Gajah juga memiliki ruang pameran tekstil yang mana terdapat pameran batik. Nah, jika berminat, kamu juga bisa belajar membatik di sini, lho.

Kampoeng Batik Palbatu

Kawasan wisata edukasi Kampoeng Batik Palbatu terletak di daerah Menteng Dalam, Tebet, persisnya di Jalan Palbatu IV No. 17, Jakarta Selatan. Kawasan ini didirikan untuk melestarikan dan mengembangkan batik yang telah diakui dunia sebagai warisan budaya takbenda yang asli berasalah dari Indonesia. Selain bisa belajar membatik dari ahlinya, kamu bisa berburu peralatan dan bahan-bahan membatik di sini. Sehingga bisa langsung dipraktekan di rumah. Nggak cuma itu, Kampoeng Batik Palbatu juga punya butik batik yang menghadirkan ain-kain Batik Motif Palbatu dengan beragam corak dan warna, diantaranya adalah motif topeng betawi, motif kembang api dan motif burung gelatik buah rambutan.

Mau main ke Jakarta? Yuk, pesan tiket pesawattiket kereta api, dan cari hotel murah di  Jakarta lewat Pegipegi! Selamat liburan!

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top