Berita

Ini Dia 4 Perbedaan Naik Kereta Api Dulu dan Sekarang

Siapa yang suka berpergian dengan kereta api? Sebagai transportasi andalan masyarakat Indonesia, kereta api hadir dengan wajah baru, lho!

Sejak mengalami revitalisasi pada medio 2011-2012 oleh PT KAI, kereta api menawarkan banyak fasilitas dan pelayanan yang lebih baik. Perubahan nggak cuma pada fasilitas, tetapi juga kepada perangkat keamanan selama perjalanan, lho.

Jika dibandingkan 10-15 tahun yang lalu, perjalanan dengan kereta api jauh lebih nyaman. Perkembangan zaman dengan hadirnya online travel agent seperti Pegipegi pun makin memudahkan kamu mendapatkan akses menggunakan moda transportasi yang satu ini.

Nah, sebagai gambaran, Pegipegi punya 4 perbedaan mencolok perjalanan dengan kereta api dulu dan sekarang. Penasaran? Simak, yuk!

Sistem Ticketing

Dulu: Sistem ticketing pada masa lampau masih sangat tradisional. Untuk membeli tiket, kamu diharuskan mengantri di loket. Antrian makin panjang biasanya menjelang liburan panjang. Kamu bisa bermalam di stasiun demi mendapatkan tiket kereta api.

Sekarang: Hadirnya sistem online ticketing seperti Pegipegi memudahkan para calon penumpang untuk mendapatkan tiket. Mau lewat Pegipegi atau akses langsung dari situs PT KAI, kamu bisa menentukan sendiri tempat duduk, varian harga hingga tanggal keberangkatan tanpa kena potongan biaya, lho.

Jadwal Keberangkatan dan Kedatangan

Dulu: Jadwal keberangkatan dan kedatangan adalah hal yang sering dikeluhkan. Keterlambatan kereta api bisa dibilang cukup memprihatinkan. Nggak cukup 10-15 menit, keterlambatan bisa mencapai 1-2 jam. Berbagai kendala, mulai dari urusan persinyalan hingga saling tunggu kereta dan penumpang jadi alasannya.

Sekarang: Jadwal keberangkatan sudah sangat ketat. Sudah nggak ada lagi kereta menunggu penumpang. Sistem persinyalan sudah dirapikan, sehingga arus lalu lintas jauh lebih lancar. Durasi berhenti per stasiun dipersingkat paling lama 5 menit saja.

Fasilitas Dalam Kereta

Dulu: Bisa dibilang, sebelum revitalisasi, fasilitas dalam kereta api terbilang seadanya. Mulai dari jenis kursi yang nggak nyaman untuk diduduki, hadirnya kipas angin yang nggak terawat, hingga ventilasi yang terkadang pecah atau rusak. Hal yang paling menghantui para penumpang adalah kebersihan toilet yang nggak baik.

Sekarang: Naik kereta api jaman sekarang sudah kaya naik pesawat. Mulai dari keberadaan pendingin udara di semua kategori kereta api, kursi yang empuk, toilet yang bersih, restorasi dengan jenis makanan yang lezat hingga hadirnya colokan listrik untuk charging. Makin lengkap dengan pelayanan pramugari dan pramugara kereta api yang ramah.

Keamanan dan Kenyamanan

Dulu: Hal yang paling sering kita jumpai, terutama bagi kamu yang menggunakan kereta api kategori ekonomi dan binis, adalah keberadaan pedagang asongan. Setiap stasiun yang berhenti, puluhan pedagang langsung menjejali gerbong. Kenyamanan dan rasa aman para penumpang sering kali diuji. Belum lagi, banyak kasus pelemparan kaca dari luar ke gerbong sering menimbulkan banyak korban.

Sekarang: Naik kereta api zaman sekarang sangat aman dan nyaman. Pedagang asongan sudah dilarang, bahkan masuk ke dalam stasiun. Keamanan diperketat dengan hadirnya beberapa personel kepolisian di tiap rangkaian kereta api. Pemeriksaan tiket dilakukan dengan cermat, sebelum naik dan saat sudah berada di dalam kereta api.

Pengin rencanain liburan selanjutnya? Yuk, pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top