Tips

Ini Dia 10 Pertanyaan Populer tentang Pesawat & Penerbangan

pertanyaan tentang pesawat dan penerbangan

Pesawat merupakan moda transportasi yang paling efektif untuk bepergian. Selain durasi waktu perjalanan yang lebih singkat, kenyamanan menjadi faktor utama lainnya yang ingin dirasakan oleh para travelers.

Membahas tentang pesawat, tentunya kamu pernah mendengar (ataupun bertanya-tanya) mengenai beberapa hal terkait pesawat dan juga penerbangan, kan? Berikut deretan pertanyaan populer yang Pegipegi rangkum untuk menjawab rasa penasaran kamu!

Kenapa pesawat harus terbang di ketinggian 3035 ribu kaki?

Selain lebih aman (terbang lebih stabil) dan nyaman (minim guncangan) sehingga penumpang bisa menikmati pemandangan indah dari balik jendela pesawat, manfaat lain terbang di ketinggian 30 ribu kaki yaitu, pesawat komersial dapat melaju dengan kecepatan mencapai 400—500 kilometer per jam di udara secara lebih efisien. Kenapa? Karena pada ketinggian tersebut, tekanan udara jauh lebih rendah ketimbang pada ketinggian 10—20 ribu kaki. Hal ini tentunya memudahkan sebuah pesawat untuk mengembangkan kecepatan.

Kenapa jendela dan kursi di pesawat tidak sejajar?

Pernahkah kamu merasa sedikit kesulitan karena harus menjulurkan leher untuk sekadar melihat pemandangan di luar jendela pesawat? Yups, posisi jendela dan kursi di pesawat yang tidak sejajar memang kerap membuat tidak nyaman. Dikutip dari Kumparan, posisi ini ternyata tidak ada hubungannya dengan keselamatan dan kesehatan penumpang, loh. Faktanya, alasan dibalik tidak sejajarnya antara kursi dan jendela pesawat adalah murni karena kebijakan perusahaan penerbangan atau maskapai itu sendiri terkait desain untuk posisi tempat duduk dan banyaknya baris kursi kabin.

Kenapa telinga berdengung atau tak nyaman saat di pesawat?

Bagi kamu yang pernah bepergian menggunakan pesawat, hal ini pasti pernah kamu rasakan. Dirangkum dari Mayo Clinic, telinga berdengung terjadi disebabkan tekanan udara pada gendang telinga (dari bagian telinga tengah hingga belakang hidung) tidak seimbang. Ini biasanya terjadi pada saat setelah pesawat take-off atau sebelum pesawat landing. Untuk membantu mengatasi telinga berdengung, kamu bisa melakukan gerakan menguap, menelan, atau mengunyah permen karet. 

Kenapa 3 menit setelah take-off dan 8 menit sebelum mendarat menjadi waktu terkritis dalam penerbangan?

Disebut juga dengan istilah critical eleven atau 11 menit krusial saat berada di udara, di tahap ini pilot pesawat harus fokus dalam mengendalikan laju pesawat, berkomunikasi dengan ATC (Air Traffic Controller), hingga hal lain yang menyangkut keselamatan penerbangan. Dikutip dari Flight Safety, 80 persen kasus kecelakaan pesawat terjadi pada 11 menit krusial ini. Di periode waktu tersebut, pesawat dalam kondisi rentan sehingga gangguan sekecil apa pun akan berdampak besar terhadap keselamatan penerbangan. 

Kenapa tempat duduk dekat sayap pesawat ideal untuk yang mabuk udara?

Buat kamu yang sering mabuk udara karena guncangan, lokasi tempat duduk dekat sayap pesawat (bukan di pintu darurat) adalah solusinya. Menurut Aviation Medicine Advisory Service, tempat duduk di bagian depan dan belakang memiliki kecenderungan bergoyang hebat saat turbulensi maupun pendaratan.

Kenapa kursi dekat jendela menjadi posisi duduk favorit di pesawat?

Ada banyak alasan yang membuat posisi duduk ini menjadi favorit. Mulai bisa melihat pemandangan, bisa tidur bersandar ke samping, hingga bisa membuka-tutup jendela sesuka hati. Nah, buat kamu yang mau tidur nyenyak, para pramugari akan menyarankan posisi ‘dekat jendela sebelah kiri bagian tengah kabin’. Kenapa? Karena sebagian besar aktivitas, seperti jalur toilet serta dapur mini berada di kanan pesawat.

Kenapa tidak semua penumpang boleh duduk di dekat jendela/pintu darurat pesawat?

Dirangkum dari berbagai sumber, hanya penumpang dengan kategori Able Bodied Passengers (ABP) yang diperkenankan duduk dekat emergency exit. Dengan kata lain, penumpang ini sudah cukup dewasa, sehat mental dan jasmani, memiliki penglihatan normal, dan mampu membaca. Syarat ini berfungsi agar penumpang tersebut dapat membantu awak kabin dalam membuka pintu atau jendela saat kondisi darurat (tetap mengikuti arahan dari awak kabin).  

Kenapa pesawat bisa mengalami turbulensi?

Guncangan pada pesawat tercipta akibat perubahan kecepatan aliran udara atau disebut turbulensi. Terasa menegangkan memang. Maklum, pesawat dalam keadaan tenang, tiba-tiba bergoyang saat memasuki kerumunan awan di udara. Meskipun terlihat indah saat dipandang dari jendela pesawat, namun awan merupakan penyebab utama terjadinya turbulensi. Salah satu jenis awan yang paling berbahaya adalah cumulonimbus. Turbulensi sendiri terbagi menjadi dua, yaitu turbulensi seputar awan dan turbulensi udara cerah.

Kenapa harus mematikan ponsel saat di pesawat?

Pancaran gelombang radio yang dihasilkan ponsel dapat mengganggu perangkat elektronik (mis. Alat navigasi) yang ada di pesawat dan juga komunikasi antara pilot dengan ATC (Air Traffic Controller). Padahal komunikasi ini merupakan satu-satunya jalan bagi pilot untuk memastikan beberapa hal, seperti kapan harus lepas landas. Jangan sampai karena kamu keasyikan main ponsel di pesawat, malah menyebabkan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Jadi, nggak heran kan jelang take-off pramugari, pramugara, atau antar penumpang akan saling mengingatkan untuk mematikan ponsel atau alat elektronik lainnya. 

Kenapa dilarang membawa cairan ke kabin pesawat?

Baik dalam kabin maupun bagasi, semua maskapai penerbangan memberlakukan pembatasan benda cair yang mengacu pada peraturan dari Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO). Hal ini dilakukan untuk mewaspadai aksi terorisme yang kerap menggunakan benda cair. Nah, kalaupun memang harus membawa benda cair, aerosol, atau gel ke dalam kabin, yang perlu kamu ingat yaitu, volumenya tidak boleh lebih dari 100 miligram. Jika cairan tersebut dibungkus dalam satu wadah, kamu wajib memasukkannya ke dalam kantong plastik yang dapat dibuka-tutup dengan total volume kantong plastik tidak boleh melebihi satu liter.

Itu dia jawaban dari 10 pertanyaan populer tentang pesawat dan penerbangan, yang siapa tahu bisa menambah pengetahuan SobiPegi. Buat kamu yang pengen traveling dengan memanfaatkan pesawat, jangan lupa pesan tiket pesawat promo di Pegipegi. Cek juga inspirasi seru seputar destinasi menarik dan rekomendasi hotel yang oke hanya di sini!

PESAN TIKET PESAWAT PESAN TIKET KERETA PESAN TIKET BUS PESAN HOTEL MURAH

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play
apps-store
Foto Utama: Anugrah Lohiya from Pexels

Comments

To Top
%d bloggers like this: