Destinasi

Ini Dia 10 Destinasi Wisata Indonesia Paling Dicari di Google!

2019 akan segera berakhir. Ada banyak tempat wisata di Indonesia yang masuk dalam daftar buruan para turis, nggak cuma lokal tetapi juga mancanegara di tahun ini.

Melalui data yang disajikan oleh Google Trends, terdapat 10 destinasi wisata yang bertengger di puncak top pencaharian Google. Beberapa di antaranya merupakan kawasan pegunungan dan juga candi budaya.

Deretan destinasi wisata ini bisa jadi referensi kamu buat liburan di akhir tahun ini, lho. Atau, cocok banget buat rencana liburan keluarga di awal tahun depan.

Penasaran nggak sih? Yuk, simak di bawah ini!

Dieng, Jawa Tengah

Nama Dieng sudah nggak asing lagi turis lokal maupun mancanegara. Wajar saja, selain pemandangan alam yang indah, Dieng yang terletak di Kawasan Wonosobo, Jawa Tengah ini juga punya banyak tempat wisata yang unik untuk dikunjungi. Sebut saja Telaga Warna yang legendaris, Kawah Sikidang yang menawan hingga Bukit Sikunir. Dieng Wonosobo berada pada ketinggian 2.093 mdpl, sehingga kawasan ini memiliki udara sejuk dengan kabut saat matahari tidak muncul di langit. Dengan kisaran suhu 15 sampai 20 derajat celcius, Dieng cocok sebagai destinasi liburan buat keluarga.

Gunung Bromo, Jawa Timur

Gunung Bromo adalah ikon wisata Provinsi Jawa Timur. Dari gunung ini, kamu bisa lihat pemandangan fantastis dari ketinggian sekitar 2.300 meter di atas permukaan laut. Nah, banyak orang yang ingin mendaki Gunung Bromo berangkat dari Probolinggo. Kamu bisa mengikuti rute menuju Desa Cemoro Lawang yang ada di dekat pintu masuk kawasan Gunung Bromo. Pemandangan sunrise atau sunset-nya paling juara dan bisa kamu lihat dengan jelas dari Puncak B29, yang jadi salah satu view point di Gunung Bromo.

Candi Borobudur, Jawa Tengah

Jutaan wisatawan, baik lokal maupun mancanegara, nggak berhenti memadati Candi Borobudur tiap tahunnya. Dengan status candi Buddha terbesar di dunia, Borobudur merupakan warisan budaya dunia yang cukup berpengaruh. Hadirnya ribuan panel relief yang tersebar di setiap tingkat menceritakan kehidupan manusia saat zaman tersebut disertai perjalanan Buddha. Di sini, kamu bisa melihat manifestasi dari kehidupan manusia yang terbagi atas tiga tingkat, yaitu Kamadatu, Rupadatu, dan Arupadatu yang nggak ditemukan di tempat lain. Semuanya dibalut dengan arsitektur bangunan berbatu yang sangat megah.

Candi Prambanan, Jawa Tengah

Saat ke Yogyakarta, maka candi Prambanan jangan sampai terlewatkan karena termasuk kompleks candi Hindu terbesar yang dimiliki Indonesia. Kisah legenda yang menyertainya juga unik, tentang dikutuknya Roro Jonggrang oleh Bandung Bondowoso karena sengaja menggagalkan usaha membangun candi. Sebagai salah satu situs warisan dunia UNESCO, kompleks candi Prambanan juga sering menjadi lokasi pementasan sendratari Ramayana dan selalu dipenuhi oleh wisatawan. Saat kamu mengunjungi candi Prambanan, jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati pementasan tari tradisional ini. Dijamin kamu akan terpesona dibuatnya.

Kota Tua, Jakarta

Untuk kalian yang mengaku pecinta sejarah dan juga fotografi, wisata ke Kota Tua Jakarta adalah tempat yang tepat bagi kalian! Di sini kalian bisa berkeliling dengan menyewa sepeda onthel sambil berfoto ria dan menikmati aneka kuliner lezat. Kamu bisa berkeliling sambil berkunjung ke Museum Fatahillah, kemudian ke Museum Wayang, Museum Seni Rupa dan Keramik hingga ke Menara Syahbandar di mana kamu bisa menerawang Kota Tua dari ketinggian 18 meter.

Nusa Penida, Bali

Liburan di Bali nggak lengkap kalau nggak main ke Nusa Penida. Sebagai salah satu dari tiga pulau kecil ngetop di Bali, Nusa Penida punya banyak spot menarik untuk ditawarkan. Mulai dari berjemur di pinggir pantai, hingga berburu mata air yang segar, semuanya bisa dilakukan dalam sehari mengingat pulau yang satu ini nggak terlalu besar. Di sini, kamu bisa berendam di Mata Air Tembeling, berburu karang di Angel’s Billabong hingga menikmati di Pantai Pasih Uug.

Gunung Semeru, Jawa Timur

Gunung Semeru adalah gunung tertinggi di pulau Jawa. Gunung ini menjadi salah satu destinasi favorit bagi para pecinta alam, khusunya pendaki gunung indonesia. Gunung yang berada di area Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Walaupun gunung ini aktif, tapi, para pendaki masih sangat antusias untuk menaklukan gunung ini. Gunung ini memiliki panorama alam yang sangat indah ditambah ada beberapa danau cantik yang ada di trek pendakian. Salah satu daya tarik dari gunung ini adalah taman bunga edelweis yang terkenal

Gunung Ijen, Jawa Tengah

Kawah Gunung Ijen terletak di perbatasan Bondowoso dan Banyuwangi, Jawa Timur. Salah satu tujuan wisatawan datang ke Kawah Ijen adalah ingin melihat semburan api bewarna biru (blue fire). Bila ingin melihat blue fire, kamu harus mendaki terlebih dahulu, karena ketinggian kawah berada sekitar 2.443 meter dari permukaan laut. Waktu terbaik untuk melihat blue fire adalah sekitar pukul 2 hingga 3 subuh. Jangan lupa untuk menyaksikan matahari terbit di Gunung Ijen. Dari gunung ini, kamu juga bisa melihat pesona gunung lain, seperti Gunung Merapi, Gunung Raung, Gunung Suket, dan Gunung Rante.

Gunung Rinjani, Lombok

Gunung yang satu ini adalah destinasi wajib para pendaki. Berada di Pulau Lombok, Gunung Rinjani hadir dengan ketinggian puncak pada 3.736 mdpl. Keindahan pemandangan serta eksotisnya bunga abadi di puncak menjadi daya tarik tersendiri dari Gunung Rinjani. Di bawahnya, terdapat pula Taman Nasional Gunung Rinjani yang memiliki sekitar 41.330 hektar hutan dan vegetasi alam yang sangat cantik. Di sini pula, kamu dapat menikmati keindahan taman bunga edelweis yang terkenal.

Garuda Wisnu Kencana, Bali

Belum kekinian namanya kalau belum main ke Garuda Wisnu Kencana (GWK) Bali. Apalagi, bangunan tersebut kini makin keren aja setelah dibangun selama 28 tahun. GWK ditopang dengan beragam fasilitas pariwisata, pusat budaya, taman, balai pertemuan, resto, hotel, dan area parkir yang bisa diakses banyak orang di setiap waktu. Jadi, GWK bukan hanya berupa patung atau monumen aja. Dibangun oleh I Nyoman Nuarta, Patung Garuda Wisnu Kencana didedikasikan sebagai simbol dari misi penyelamatan lingkungan dan dunia. Patung itu sekaligus diproyeksikan untuk mengikat tata ruang dengan jarak pandang hingga 20 km sehingga dapat dilihat dari Pantai Kuta, Sanur, Nusa Dua, hingga Tanah Lot.

Ada rencana buat traveling bareng keluarga dalam waktu dekat? Biar makin mudah, jangan lupa pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top