Destinasi

Ini Dia 10 Bandara Terbaik Dunia

haneda-airport-dsc_0753

Sebagai ‘pintu gerbang’ sebuah negara, sudah seharusnya sebuah bandara tampil cantik supaya memberi gambaran positif bagi wisatawan asing yang datang. Apalagi bandara di kota-kota besar dan ibukota.

Di antara begitu banyak bandara canggih dan cantik yang tersebar di seluruh penjuru dunia, ada 10 bandara yang dianggap sebagai yang terbaik. Penilaiannya sendiri dilakukan oleh lembaga survei Skytrax yang menyebar kuesioner kepada sekitar 12,1 juta penumpang pesawat.

Setelah menilai 40 kategori termasuk keramahan staff, layanan bagasi, waktu menunggu saat pemeriksaan keamanan sampai toko dan restoran maupun kafe di area bandara, inilah 10 bandar udara yang dianggap terbaik oleh penumpang:

1. Changi International Airport (Singapura)

changi

Rata-rata penumpang per tahun: 51,2 juta

Ranking 2012: 2

Changi sudah berkali-kali mendapat penghargaan sebagai bandara terbaik. Di sini penumpang bisa menemukan banyak pilihan restoran dan tempat belanja, kolam renang terbuka sampai taman kupu-kupu. Kamu juga bisa menikmati layanan spa, mandi dan menonton bioskop saat harus transit atau terjebak delay panjang.

2. Incheon International Airport (Seoul, Korea Selatan)

incheon

Rata-rata penumpang per tahun: 39,2 juta

Ranking 2012: 1

Bandara terbesar di Korea Selatan ini menerima penghargaan sebagai bandara terbaik hampir setiap tahunnya mulai dari 2005 sampai 2012. Walaupun baru beroperasi pada Maret 2001, Incheon International Airport memiliki museum budaya Korea dan mendapat ranking tinggi untuk kebersihan, pemandangan, ruang istirahat, akses internet dan pilihan makanan lokal.

3. Schiphol International Airport (Amsterdam, Belanda)

The sign to Schiphol Airport in Amsterdam

Rata-rata penumpang per tahun: 51 juta

Ranking 2012: 4

Dibuka pertama kali pada tahun 1916, Schiphol International Airport merupakan salah satu bandara tersibuk di dunia. Saat menunggu penerbangan, penumpang bisa menikmati fasilitas pijat, bermain poker di kasino atau membaca buku di perpustakaan bandara.

4. Hong Kong International Airport (Hong Kong, Cina)

hong kong

Rata-rata penumpang per tahun: 56,1 juta

Ranking 2012: 3

Meskipun tidak meraih satupun penghargaan, Hong Kong International Airport masuk dalam daftar lima bandara terbaik berkat kebersihan dan fasilitas restoran serta tempat-tempat belanjanya. Kalau kamu mengalami transit panjang di sini, kamu bisa menjajal lapangan golf yang ada di bandara.

5. Beijing Capital International Airport (Beijing, Cina)

beijing_capital_international_airport

Rata-rata penumpang per tahun: 81,9 juta

Ranking 2012: 5

Setiap tahun bandara ini melayani lebih banyak penumpang dari kapasitas yang seharusnya, 78 juta penumpang. Beijing Capital International Airport adalah bandara tersibuk kedua di dunia dan meraih gelar Terminal Bandara Terbaik untuk  Terminal 3, bangunan tertinggi di Capital.

6. Munich Airport (Munich, Jerman)

Munich_Airport_T2_L4_check_in_1

Rata-rata penumpang per tahun: 38,4 juta

Ranking 2012: 6

Munich Airport adalah bandara tersibuk kdua di Jerman. Terminal-terminalnya sangat menyenangkan untuk dilewati karena sebagian besar dinding dan langit-langitnya terbuat dari kaca sehingga bandara terkesan sangat luas dan terbuka.

7. Zurich Airport (Zurich, Swiss)

zurich airport

Rata-rata penumpang per tahun: 24,8 juta

Ranking 2012: 7

Bandara internasional terbesar di Swiss ini memiliki terminal baru dan akses kereta bawah tanah otomatis, Skymetro, sebagai shuttle untuk traveler. Selain itu, Zurich Airport juga didapuk sebagai Bandara dengan Layanan Pengantaran Bagasi Terbaik di Eropa.

8. Vancouver International Airport (Vancouver, Kanada)

Vancouver_Airport_Inside

Rata-rata penumpang per tahun: 17,6 juta

Ranking 2012: 8

Di antara peringkat 10 teratas Skytrax, Vancouver International Airport mungkin yang paling ‘sepi’. Tapi, bandara ini memanjakan traveler lewat koleksi seni yang tersebar di seluruh area. Untuk kali keempat berturut-turut, Vancouver International didapuk sebagai Bandara Terbaik di Amerika Utara oleh Skytrax.

9. Haneda International Airport (Tokyo, Jepang)

haneda-airport-dsc_0753

Rata-rata penumpang per tahun: 66,8 juta

Ranking 2012: 14

Kebersihan area bandara membuat Haneda naik lima peringkat dari tahun 2012 ke tahun 2013. Berkat terminal internasional ketiganya yang dibuka tahun 2010 lalu, Haneda bisa mengakomodasi sekitar 90 juta penumpang setiap tahunnya.

10. Heathrow Airport (London, Inggris Raya)

Heathrow-airport

Rata-rata penumpang per tahun: 70 juta

Ranking 2012: 11

Bandara tersibuk ketiga di dunia pada 2012 ini dinilai memiliki Terminal Terbaik dan Tempat Belanja Terbaik tahun ini. Heathrow juga memenuhi empat dari lima bintang untuk kategori kemudahan akses bandara, informasi penerbangan, transportasi publik, efisiensi petugas keamanan dan beberapa kategori lainnya.

(Visited 423 times, 1 visits today)

Comments

Click to comment

Comments

To Top