Tips

Ini Cara Mudah Registrasi Ulang Wajib SIM Card Prabayar

Mau membantu pemerintah menangani kasus penyalahgunaan informasi? Yuk, ramai-ramai registrasi ulang SIM Card prabayar kamu!

Mulai Selasa ini, (31/10), pemerintah secara resmi memulai proses registrasi ulang SIM Card prabayar. Intinya, semua masyarakat Indonesia yang menggunakan seluler prabayar wajib mengisi ulang data diri lengkap di provider masing-masing.

Ditunggu paling lambat 28 Februari 2018 mendatang, ada beberapa hal yang nggak boleh kamu lewatkan saat melakukan registrasi ulang. Proses ini bisa berhasil jika kamu sudah memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tertera pada e-KTP dan serta nomor Kartu Keluarga kamu.

Khusus untuk remaja di bawah 17 tahun yang belum memiliki KTP, jangan khawatir. Kamu, bisa menemukan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dalam Kartu Keluarga (KK) yang ada di rumah untuk melakukan registrasi.

Posisinya, persis ada di sebelah kiri nama kamu. Jadi untuk registrasi, silahkan masukkan NIK yang ada di KK jika kamu belum memiliki KTP.

Untuk mempermudah, Pegipegi sudah menyiapkan langkah-langkah prosesnya registrasi ulang sebagai referensi kamu, nih! Simak, yuk.

1. SIM Card Perdana

– Kirim SMS ke 4444
– Format SMS:

NIK#NO.KK# (Indosat, Smartfren, Tri)

DAFTAR#NIK#NO.KK (XL Axiata)

REG<Spasi)NIK#NO.KK# (Telkomsel)

2. SIM Card Aktif

– Kirim SMS ke 4444
– Format SMS:

ULANG#NIK#NO.KK# (Indosat, Smartfren, Tri)

ULANG#NIK#NO.KK (XL Axiata)

ULANG<Spasi)NIK#NO.KK# (Telkomsel)

Nah, kegagalan dalam proses registrasi bukan nggak mungkin bisa terjadi. Jika kamu merasa sudah lima kali mengulang registrasi, tanpa keberhasilan, langkah selanjutnya adalah datang ke gerai provider masing-masing.

Di sana, kamu wajib melakukan pendaftaran ulang secara manual dengan mengisi surat pernyataan. Setelah itu, petugas provider yang akan memasukkan data registrasi yang kamu lampirkan.

Jika kamu nggak melakukan registrasi sampai batas waktu, provide akan memblokir akses SMS dan telepon keluar selama 30 hari terhitung hingga 31 Maret.

Kamu diberikan kesempatan sampai 15 hari lagi, hingga 15 April 2018 jika pendaftaran ulang nggak kunjung dilakukan juga.

Foto utama: unnecto

Sudah registrasinya? Saatnya, liburan! Supaya bujet liburan ke pantai kamu terjangkau, ayo pesan tiket pesawattiket kereta, dan hotel murah lewat Pegipegi.

pesan tiket pesawat murah pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah 

Foto: shutterstock

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

(Visited 353 times, 1 visits today)

Comments

To Top