Tips

Ini Alasan Kesehatan, Kenapa Perempuan Haid Nggak Boleh Puasa

Setiap perempuan umumnya mengalami masa haid (datang bulan) setiap sebulan sekali. Saat bulan Ramadhan, perempuan yang sedang haid dilarang melakukan puasa dan shalat. Karena, perempuan yang sedang haid seringkali dianggap kotor dan najis. Padahal, yang najis dan kotor adalah darah haid yang keluar, bukan perempuannya.

Lalu, mengapa perempuan haid tetap dilarang puasa dan shalat? Ternyata hal ini berhubungan erat dengan kesehatan. Simak baik-baik, yuk!

1. Akan meningkatkan peredaran darah ke rahim

Ada penelitian yang mengungkapkan bahwa gerakan shalat mirip olahraga, sehingga bisa membahayakan perempuan yang sedang haid. Peredaran darah ke rahim yang dikeluarkan dalam bentuk darah haid akan meningkat.

Semakin banyak darah yang keluar, imunitas dalam tubuh akan berkurang. Soalnya, sel darah putih yang berperan sebagai imunitas akan hilang lewat darah haid. Hal ini bisa berpengaruh terhadap kesehatan otak dan limpa.

2. Bisa kekurangan gizi

Perempuan yang sedang haid diharuskan untuk menjaga asupan gizi tubuhnya. Kehilangan banyak darah bikin badan mudah lelah serta emosi gampang naik dan turun. Sehingga, kamu diharuskan untuk makan makanan bergizi dan istirahat.

Perempuan yang sedang haid sebaiknya makan makanan yang kaya akan zat besi, seperti daging, sayur bayam, dan ati ampela. Juga makanan berprotein tinggi, seperti telur, ikan, kacang-kacangan dan makanan berserat tinggi, seperi sayur dan buah-buahan.

3. Rentan terserang anemia

Memang sih, tidak semua perempuan mengalami anemia. Tapi, melakukan puasa saat sedang haid, risiko anemia bakal lebih besar. Bahkan, biasanya perempuan yang sedang haid dianjurkan untuk minum vitamin penambah darah yang kaya akan zat besi untuk mencegah anemia.

Supaya mood kamu tetap bagus selama haid, gimana kalau kamu ajak teman-teman untuk merencanakan traveling selanjutnya! Yuk, pesan tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel murah lewat Pegipegi, ya! Selamat menjalankan ibadah puasa!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto utama: http://www.medicaldaily.com

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

 

(Visited 537 times, 2 visits today)

Comments

To Top