Kuliner

Ini Alasan Kenapa Petai Bisa Sangat Popular di Thailand

Bagi masyarakat Indonesia, petai adalah tanaman berbiji yang sangat populer. Tapi, apa kabarnya jika petai juga disukai oleh para pecinta kuliner di Thailand?

Di Indonesia, petai seakan jadi topping wajib jika untuk hidangan seperti sambal goreng ati hingga lontong sayur Betawi. Namun di Thailand, petai dikenal sebagai pendamping masakan dengan bahan dasar daging kari.

Yang paling heboh adalah sajian goong pad sataw. Dalam hidangan tersebut, petai ditumis dengan udang dan disajikan hangat dengan nasi putih, menciptakan rasa renyah dan nikmat.

Thailand juga menjadikan petai sebagai pickle atau acar teman kamu buat makan malam. Bernama luk-nieng, petai acar ini disajikan dalam toples dan dijual luas.

Padahal, secara garis pertumbuhan, petai tumbuh subur di Indonesia bagian barat. Tanaman berjenis plantae ini pun memang dapat berkembang dengan baik di daerah tropis.

Busakorn Prommanot, seorang juri masak yang juga director dari Tourism Authority of Thailand, punya alasan mengapa petai disukai oleh warga Thailand.

“Secara geografis, masakan Thailand dan Indonesia nggak jauh berbeda. Apalagi bahan-bahannya bisa didapatkan dengan mudah karena memiliki kontur daerah yang nggak berbeda jauh,” ucapnya kepada Pegipegi di ajang Jakarta Fashion and Food Festival 2018, Sabtu (14/4).

“Petai sangat popular di Thailand karena kami memiliki banyak sekali masakan regional yang cocok dipadukan dengan jenis tanaman ini. Dengan kedekatan geografis dan pertukaran budaya dan kuliner, itu alasan kenapa petai juga terkenal luas di sana,” tambahnya.

Selain Thailand, petai juga sering dinikmati oleh pecinta kuliner di Malayasia, Singapura hingga Filipina. Wah, jadi bangga nih petai bisa popular di luar negeri!

Wah, jadi ngiler nggak nih sama petai? Yuk berburu buah ini sambil liburan. Jangan lupa buat pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah lewat Pegipegi. Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto: Michelin

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top