Tips

Ini Akibatnya Jika Langsung Berenang Setelah Makan!

Ketika liburan, paling asyik jika kita menginap di hotel yang menyediakan fasilitas kolam renang. Selain bisa menyehatkan tubuh, berenang juga bisa menjadi kegiatan relaksasi yang menyenangkan. Biasanya, sehabis makan kenyang, kita malah tergoda untuk langsung berenang. Tapi, sebelum kamu nyebur, lebih baik tahan diri dulu. Soalnya, langsung berenang setelah makan sangat tidak dianjurkan.

berenang

surabaya.wartakesehatan.com

Karena, berenang dengan kondisi perut yang penuh bisa memicu kram, sehingga risiko tenggelam lebih besar. Perut yang penuh bisa membuat aliran darah ke organ pencernaan meningkat, sehingga otot-otot menjadi kekurangan dan terjadilah kram. Memang sih, banyak para ahli yang membantah teori tersebut, tapi penelitian yang dilakukan oleh Medicine Science and the Law tahun 2011 kemarin menyebutkan bahwa berenang dengan perut kenyang memang berbahaya.

Peneliti dari Tokyo Women’s Medical University pernah meneliti 536 otopsi antara tahun 2000 hingga Desember 2007. Mereka membagi hasil otopsi dalam dua kategori, yaitu mereka yang makanan padatnya terlihat di lambung (menandakan seseorang baru aja makan) dan mereka yang tanpa makanan padat. Dari 34 jenazah, hasil penelitiannya menunjukkan bahwa mereka baru aja makan, sekitar 79% meninggal karena tenggelam. Bukan hanya itu, tapi hampir 80% kasus tenggelam diketahui ada makanan padat di lambungnya.

Hasil penelitian juga menyebutkan bahwa perut yang penuh jika dikombinasikan dengan berenang bisa menyebabkan kepala terasa ringan, pusing, sesak napas, hingga kehilangan kesadaran. Jadi, jika kamu ingin berenang setelah makan, tunggulah hingga 30 menit kemudian. Karena, di saat itulah perut kamu tidak lagi dalam keadaan penuh dan kamu sudah bebas dari kekenyangan.

^86633390C87633299B6B6705793BB48020F34ED78483F4B017^pimgpsh_fullsize_distr

Sekarang, kamu sudah tahu kan saat terbaik jika ingin berenang? Yuk, rencanakan liburan kamu selanjutnya dengan pesan tiket pesawat, tiket kereta api, atau hotel murah lewat pegipegi.com! Selamat liburan, travelers!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

 

 

(Visited 475 times, 1 visits today)

Comments

To Top