Kuliner

Ini 7 Oleh-oleh yang Wajib Dibeli Saat Liburan ke Cirebon

Pernah ke Cirebon? Ya, buat kamu yang doyan traveling, Cirebon menjadi kota yang selalu disinggahi, terutama mereka yang hendak berlibur di kawasan utara Pulau Jawa atau sebaliknya.

Menjadi kota terakhir sebelum masuk wilayah Jawa Tengah, Cirebon menawarkan banyak sekali oleh-oleh menarik. Dengan harga yang cukup murah, kamu bisa borong oleh-oleh khas Cirebon buat sanak saudara di kota.

Nah, menariknya, Cirebon punya oleh-oleh yang beragam. Mulai dari sirup, kerupuk hingga sambal terasi yang siap menggugah selera makan kamu.

Sebelum datang ke Cirebon, Pegipegi punya 7 oleh-oleh wajib khas Cirebon yang wajib kamu borong. Penasaran? Yuk, simak!

Sirup Tjampolay

Foto: Seputar-Cirebon

Sirup yang satu ini terkenal banget! Sudah berusia tiga generasi, Sirup Tjampolay cocok kamu jadikan oleh-oleh khas Cirebon buat keluarga di rumah. Sirup Tjampolay memiliki 15 varian rasa, lho. Mulai dari melon, jeruk nipis hingga yang paling laris, mangga gedong.

Keripik Tempe Sagu

Foto: Dapur Website

Camilan yang satu ini nggak boleh absen kamu borong. Dibungkus dalam kemasan plastik, keripik tempe sagu menghadirkan rasa gurih yang nikmat. Sagu yang terdapat di dalam keripik ini menciptakan sensasi kriuk yang luar biasa. Cocok buat kamu yang suka ngeteh sore.

Emping Bumbu

Foto: Evasuparno

Pencinta panganan melinjo, Cirebon jadi kota yang cocok buat kamu singgahi. Di sini, kamu bisa menemukan emping bumbu yang terkena itu. Dikemas dalam plastik, emping bumbu emang harus kamu goreng di rumah. Tapi beberapa toko juga menyajikan versi matangnya. Rasa udangnya atau pedas manisnya yang ketara bakal bikin kamu lupa rasa lelah.

Petis Udang

Foto: Kudo

Bosan makan pakai sambal kacang, petis udang bisa jadi remedy buat kamu. Tersedia di pusat oleh-oleh Cirebon, peting udang juga cocok untuk jadi sambal cocol gorengan di rumah. sensasi udang yang bercampur dengan rasa manis pedas membuat petis ini nggak pernah dilupakan oleh traveler yang mampir ke Cirebon.

Kerupuk Lambak

Foto: Pintuwisata

Kalau di Jakarta, kerupuk yang satu ini dikenal dengan nama kerupuk kulit. Terbuat dari kulit sapi atau kerbau, kerupuk lambak punya warna coklat yang kental. Teksturnya yang berongga menambah nikmat kamu mengemil. Rasa asin dan gurih menancap di lidah, bikin kamu mau nambah lagi. Kerupuk lambak biasanya disajikan dengan menu masakan berkuah seperti soto maupun bakso.

Tape Ketan Ember

Foto: Kompas

Mau jajan oleh-oleh dapat bonus ember gratis? Tape Ketan Madu Ember Kuningan siap dibawa pulang. Ngomongin tapenya, fermentasi apik menjadikan tape ini punya rasa manis yang kuat. Dibungkus dengan daun pisang, kamu nggak perlu ribet bawa plastik karena sudah bisa langsung tenteng embernya. Makin nikmat karena tape ini juga punya rasa madu yang sangat manis.

Kue Gapit

Foto: Bumbukuliner

Kue yang satu ini punya nama yang abadi di Cirebon. Terbuat dari tepung tapioka, kue gapit punya sensasi kriuk yang nggak terlupakan. Ukuran dan bentuknya pun bervariasi. Ada yang dicetak geprek maupun dibikin roll seperti semprong. Kue gapit jadi teman ngopi yang cocok jika kamu lelah berkendara.

Foto utama: Strawberrydelightcirebon

Mau berburu oleh-oleh di Cirebon? Sekalian liburan! Agar bujet liburanmu terjangkau, yuk, pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Cirebon lewat Pegipegi.

pesan tiket pesawat murah ke Cirebon  pesan tiket kereta api murah ke Cirebon  cari hotel murah di Cirebon

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top