Tips

Ini 7 Hal yang Kamu Rasakan Jika Mudik Naik Sepeda Motor

Mudik adalah rutinitas yang pasti dilakukan masyarakat Indonesia jelang Lebaran. Transportasi pribadi seperti sepeda motor masih menjadi favorit di kalangan pemudik.

Selain hemat bujet, mudik dengan motor mempermudah kamu buat keliling di kampung halaman. Sehingga, kamu nggak perlu lagi ribet menyewa kendaraan saat Lebaran nanti.

Tapi, mudik dengan sepeda motor punya banyak kerugian. Mulai dari risiko kecelakaan lalu lintas hingga gangguan kesehatan yang bisa kamu rasakan usai melakukan perjalanan panjang dengan sepeda motor.

Nah, sebagai bahan pertimbangan kamu, berikut 7 kerugian mudik Lebaran naik motor yang bisa kamu rasakan. Simak, yuk!

Ruang Terbatas

Apalagi jika kamu mudiknya nggak sendirian, tapi bawa keluarga. Wah, motormu akan sulit menampung barang bawaan yang banyak. Nggak mungkin kan kamu mudik tanpa bawa banyak baju atau oleh-oleh untuk sanak saudara. Kalau naik kereta api, kamu bisa bawa barang banyak. Jika kamu membawa barang di bawah 20kg, nggak ada tarif bagas yang harus dibayar.

Menguras Fisik

Kesehatan itu sangat mahal harganya. Jangan karena biaya transportasi yang lebih murah, kamu jadi mengorbankan kesehatan diri sendiri, bahkan keluarga. Memang sih kamu bisa beristirahat di tengah perjalanan, tapi tetap aja nggak aman untuk kesehatan. Mengendarai motor dalam jangka waktu yang lama bisa bikin kamu mengalami back pain (nyeri pinggang).

Bahaya untuk Anak Kecil

Untuk yang membawa anak kecil ketika mudik, tentunya mudik dengan naik motor sangat berbahaya untuk si buah hati. Kondisi cuaca yang nggak menentu, bisa bikin si kecil gampang sakit. Belum lagi si kecil juga rentan terkena polusi dan debu perjalanan yang bisa membawa virus tertentu. Selain itu, si kecil juga rentan terkena dehidrasi.

Nggak Ramah buat Ibu Hamil

Selain bahaya untuk diri sendiri dan si kecil, mudik dengan naik motor juga berbahaya untuk perempuan, terutama yang sedang hamil. Memang sih ada aturan khusus yang membolehkan ibu hamil naik motor, tapi untuk perjalanan yang jauh seperti mudik, sebaiknya kamu tidak mengambil risiko.

Terjebak Macet Berjam-jam

Untuk mengatasi macet saat mudik, solusinya bukan dengan naik motor. Karena dengan banyaknya motor yang melaju di jalur mudik, tentu akan bikin kemacetan tambah parah. Untuk mengatasi kemacetan, solusi yang terbaik tentu aja menggunakan kereta api atau pesawat memiliki jalur khusus sehingga kamu bebas dari macet.

Rawan Kecelakaan

Sering dengar berita yang mengabarkan soal jumlah kecelakaan yang terjadi akibat mudik dengan naik motor kan? Kalau sudah tahu mudik dengan naik motor memang rawan kecelakaan, apakah kamu masih mau mengambil risiko? Kondisi fisik yang letih, ditambah lagi keadaan emosional yang tidak stabil dan kondisi jalanan yang padat, bisa bikin pengendara motor sulit berkonsentrasi, sehingga mengalami kecelakaan.

Biaya Servis Pra dan Paska Mudik Membengkak

Demi membuat perjalanan kamu dengan sepeda motor lancar, kamu wajib memperhatikan kondisi motor. Oleh karena itu, servis motor sebelum dan sesudah mudik sangat dianjurkan. Dan sudah pasti, kamu harus merogoh kocek yang nggak sedikit untuk biaya onderdil. Nah, biar hemat dan efisien, kamu bisa menggunakan moda transportasi umum seperti kereta api maupun pesawat.

Nah, biar aman dan nyaman, yuk mudik dengan kereta api atau pesawat. Jangan lupa buat pesanย tiket pesawat,ย tiket kereta api, danย hotel murahย di Pegipegi ya! Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah pesan tiket kereta api murah cari hotel murah

Foto: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top