Kuliner

Ini 6 Manfaat Buttermilk untuk Kesehatan Tubuh Kamu

Buat kamu yang hobi traveling, menjaga kesehatan tentu jadi salah satu hal penting yang wajib kamu lakuin. Daripada bawa seribu macam obat di dalam tas atau malah jadi merogoh kocek lebih dalam karena harus periksa ke dokter pas lagi liburan, mending minum buttermilk aja!

Buttermilk adalah produk susu rendah kalori bertekstur kental dengan rasa yang sedikit asam karena telah melalui proses fermentasi. Bahan yang kerap digunakan sebagai campuran adonan pancake ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kamu, lho.

Meski cukup sulit ditemui di supermarket lokal, tapi kamu bisa membuat buttermilk sendiri dengan mencampurkan 250 ml susu cair dan 1 sdm cuka masak atau air jeruk lemon. Aduk campuran tersebut selama sekitar 10 menit di suhu ruangan, dan kamu udah bisa langsung cobain khasiatnya. Nah, ini dia nih manfaat mengonsumsi buttermilk bagi kesehatan kamu!

1. Mengurangi Rasa Panas dalam Tubuh
Mencicipi berbagai macam sajian kuliner saat traveling terkadang bisa bikin perut kamu terasa sakit atau panas. Itu biasanya terjadi karena efek dari minuman atau makanan asam. Dengan minum buttermilk, sensasi rasa panas atau bahkan iritasi yang kamu alami bisa berkurang, sehingga perut terasa lebih dingin dan lega.

2. Melancarkan Pencernaan
Kalau kamu merasa terlalu kenyang dan tidak nyaman setelah makan banyak selama liburan, kamu cukup minum segelas buttermilk dengan tambahan sedikit bubuk jahe. Minuman ini akan melancarkan pencernaan dan dapat mencegah bersendawa berlebih.

3. Mengobati Dehidrasi
Liburan di musim panas biasanya bakal membuat kamu rentan mengalami dehidrasi. Kalau hal itu terjadi, kamu bisa minum segelas buttermilk dengan tambahan rempah-rempah dan garam secukupnya. Setelah itu, kamu akan merasa segar dan terhidrasi kembali.

4. Menambah Nutrisi
Ketika berbicara tentang nutrisi, buttermilk memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap. Minuman ini mengandung potasium, protein, kalsium, dan vitamin B kompleks yang dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

5. Menyembuhkan Diare
Kebayang nggak sih kalau lagi liburan tapi terserang diare? Kalau kamu mengalami diare, kamu bisa minum secangkir buttermilk yang telah dicampur dengan setengah sendok teh bubuk jahe di dalamnya. Dengan mengonsumsinya setiap tiga kali sehari, maka penyakit diare yang kamu alami bakal sembuh dalam beberapa hari.

Nggak cuma itu, buttermilk juga punya manfaat lain lho, travelers. Dengan minum segelas buttermilk secara rutin juga bisa membantu mengendalikan kadar kolesterol dan tekanan darah di tubuh kamu. Protein aktif bioaktif dalam buttermilk juga punya khasiat antikanker, antibakteri, dan anti virus. Yuk, jaga kesehatan kamu supaya bisa terus traveling!

Nah, udah nggak khawatir lagi kan kalau tiba-tiba sakit pas liburan? Yuk, pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

 

Comments

To Top