Kuliner

Ini 6 Efek Negatif Mengonsumsi Diet Soda!

Diet soda diyakini sebagai minuman yang lebih sehat jika dibandingkan dengan minuman soda biasa. Nggak heran kalau minuman ini kerap menjadi pilihan bagi mereka yang membutuhkan minuman yang praktis, segar, sekaligus nggak bikin berat badan melonjak. Benar nggak, travelers? Padahal, diet soda adalah salah satu minuman yang wajib kamu hindari supaya tubuh tetap sehat, lho. Yuk, simak alasannya berikut ini!

1. Diabetes
Kebiasaan mengonsumsi diet soda terlalu sering adalah hal yang berbahaya, karena dapat memicu risiko diabetes tipe II. Menurut berbagai penelitian, pemanis buatan yang ada pada diet soda bisa membuat sistem metabolisme tidak stabil dan akan memengaruhi mikroba yang ada di dalam usus, sehingga dapat menyebabkan diabetes.

2. Kerusakan Tulang dan Gigi
Kalau kamu mengonsumsi minuman diet soda terlalu sering, minuman ini ternyata bisa memengaruhi kesehatan tulang dan gigi kamu. Asam fosfat yang terdapat di dalam minuman berbahaya ini bisa menyerap kalsium yang ada pada tulang dan mengikis enamel gigi, sehingga dapat menyebabkan kerusakan tulang, osteoporosis, patah tulang, dan gigi berlubang.

3. Sakit Kepala
Pemanis buatan yang terkandung dalam diet soda memang dapat memberikan sensasi rasa yang nikmat ketika kamu meminumnya. Namun, menurut sebuah institusi kesehatan, pemanis tersebut ternyata juga bisa menyebabkan kondisi sakit kepala yang parah, lho! Hal ini dikarenakan dalam beberapa diet soda terdapat pemanis buatan bernama aspartame atau sucralose yang memiliki efek samping tersebut.

Foto: Diet.st

4. Memengaruhi Jantung dan Ginjal
Beberapa jenis penelitian menunjukkan bahwa hanya dengan mengonsumsi satu kaleng diet soda sehari, kamu bisa terkena risiko gangguan pembuluh darah, stroke, dan bahkan serangan jantung. Nggak cuma itu, minuman ini juga bisa membuat kamu mengalami penurunan fungsi ginjal hingga sekitar 30%.

5. Obesitas
Meski namanya diet soda, tapi minuman ini tetap dapat menaikkan bobot tubuh jika kamu terlalu sering mengonsumsinya. Selain meningkatkan keinginan untuk mengonsumsi lebih banyak makanan dan minuman manis, minuman ini juga bisa mengecoh reseptor otak yang kemudian menyebabkan asupan makanan meningkat, sehingga membuat kamu mengalami obesitas.

6. Dehidrasi
Kandungan gizi yang kosong dan kafein pada diet soda berkontribusi besar terhadap munculnya dehidrasi. Minuman bersoda ini memiliki sifat diuretik, yang dapat membuat kamu sering buang air kecil, sehingga seiring berjalannya waktu, tubuh akan kehilangan air dan membuat kamu dehidrasi.

Nah, untuk menghindari efek negatif tersebut, ada baiknya kalau kamu mulai mengurangi konsumsi diet soda atau minuman dengan pemanis buatan lainnya. Gantilah minuman-minuman tersebut dengan air putih yang sudah terbukti khasiatnya bagi kesehatan tubuh, jadi kamu bisa tetap sehat saat liburan maupun beraktivitas!

Supaya momen liburan kamu semakin menyenangkan, yuk, pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto utama: The Trent

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top