Destinasi

Ingin menyepi di Ambon, Yuk ke Pantai Liang

Dermaga-Pantai-Liang

Pantai Liang mungkin masih terdengar asing di telinga travelers. Meski begitu, pantai ini menyimpan sejuta keindahan yang bisa membuat kamu kagum melihatnya. Bagaimana tidak, Pantai Liang ini pernah dinobatkan sebagai pantai terindah di Indonesia, travelers.

Kalau travelers bosan dengan wisata pantai di kawasan Bali atau Lombok, mungkin sudah saatnya melirik destinasi wisata bahari di tempat lainnya. Wilayah Indonesia Timur terkenal dengan keindahan pantainya, salah satunya di kawasan Ambon.

Adalah Pantai Hunimua atau yang lebih dikenal oleh masyarakat umum dengan sebutan Pantai Liang yang termasuk salah satu pilihan wisata bahari di Ambon, travelers. Pantainya masih original dan nggak seramai pantai-pantai lain seperti Pantai Hukurila atau Pantai Natsepa yang sudah jadi tempat favorit wisatawan, baik dari dalam maupun luar negeri.

 

Dermaga-Pantai-Liang

foto : pasirpantai.com

Lokasi Pantai Liang

Penasaran dengan Pantai Liang travelers? Pantai ini terletak di Desa Liang, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah.

Kalau dari pusat Kota Ambon, Pantai Liang ini berjarak 40 kilometer atau bisa ditempuh dengan waktu kurang lebih satu jam. Kamu bisa menyewa ojek di pusat kota dengan tarif sekitar Rp 50.000 untuk sekali jalan. Tapi kalau datang dengan rombongan, menyewa angkutan biasanya lebih murah.

Angkutan umum dengan kapasitas sepuluh penumpang bisa kamu sewa seharga Rp200.000, travelers. Sementara untuk tiket masuk ke Pantai Liang sendiri juga nggak mahal. Kamu cukup merogoh kocek Rp15.000 sudah bisa menikmati nyiur melambai di Pantai Liang ini.

 

Aktivitas di Pantai Liang

Setelah melewati perjalanan dari kota Ambon, kamu akan disambut pemandangan yang sangat cantik. Kemilau pasir putih karena terkena sinar matahari seolah menjadi pintu gerbang sebelum menuju air laut yang memiliki gradasi warna begitu elok yang jadi ciri khas Pantai Liang.

Jadi nggak heran travelers, kamu akan dihipnotis untuk buru-buru berenang atau sekadar main air di Pantai Liang ini. Nggak perlu khawatir terbawa arus, karena ombak di Pantai Liang ini relatif tenang.

Pantai Liang memang nggak menyediakan arena permainan seperti pantai-pantai di Bali, tapi bukan berarti kamu nggak bisa bersenang-senang di Pantai Liang ini.

Nggak usah takut menyesal berkunjung ke Pantai Liang karena meski minim wahana permainan, menikmati panorama sekelilingnya saja sudah bikin perjalanan ke Ambon menyenangkan. Apalagi kalau kamu melihat airnya yang sangat jernih, pecahan koral-koral kecil yang di dalamnya bisa tampak jelas meski dengan kedalaman dua sampai tiga meter.

Setelah puas bermain air, menghabiskan waktu dengan duduk santai di pinggir pantai bisa membantu melupakan penat travelers walau cuma sejenak. Rimbunnya pepohonan yang mengelilingi areal Pantai Liang membuat suasana sejuk.

Kalau kamu bosan, kamu bisa berjalan kaki menuju jembatan Pantai Liang yang sudah tersohor ini. Banyak pengunjung yang coba ujinyali dengan melompat dari jembatan ini, travelers.

Makanya, wajar kan kalau Pantai Liang ini pernah menyabet gelar Pantai paling indah di Indonesia oleh UNDP-PBB pada 1990 lalu?

 

Tips mengunjungi Pantai Liang

Mengunjungi Pantai Liang sebenarnya bisa kapan saja, tapi kalau travelers ingin suasana yang lebih sepi, maka hindari berkunjung saat akhir pekan atau musim liburan.

Pantai Liang akan seperti pantai pribadi kalau kamu datang di hari biasa. Tapi, hindarilah datang pada saat terjadi musim angin barat atau musim angin timur di mana sering terjadi ombak besar sehingga menyebabkan air pantai agak keruh.

Kalau travelers ingin mendapati pantai yang tenang dengan keindahan maksimal, bulan-bulan seperti September-November atau April-Mei bisa menjadi pilihan.

Jadi, sudah siap mengatur jadwal ke Pantai Liang, travelers?

(Visited 954 times, 1 visits today)

Comments

To Top