Berita

Indonesia Juga Miliki Bandara Terbaik Lho…

Sebagai gerbang pintu menuju Indonesia, keberadaan bandara sudah pasti menjadi hal yang penting. Beberapa bandara yang ada di negara ini, memberikan pelayanan terbaik mereka untuk para penumpang.

Mulai dari Bali, Jakarta, Medan, sampai Surabaya memiliki bandara yang bisa dianggap terbaik di Tanah Air. Beberapa bandara ini terus berlomba untuk memberikan pelayanan terbaik untuk para traveler. Bandara apa saja yaa….

Bandara Juanda, Surabaya

bandara-internasional-juanda-surabaya-_120226112107-690

Predikat sebagai bandara terbaik di Indonesia diraih oleh Bandara Juanda pada 2013 lalu. Ketepatan dalam mengatur lalu lintas bandara menjadi andalan dari bandara yang berada di Surabaya ini. Bahkan, Bandara Juanda bukan hanya mendapat predikat bandara terbaik di Indonesia, pada tingkatan ASEAN, bandara ini memperoleh penghargaan ASEAN Commercial Aviation Award untuk bandara dengan penumpang di bawah 20 juta per tahun. Diambil dari nama pedana menteri terakhir Indonesia, pihak PT Angkasa Pura I memiliki kendali atas bandara ini. Beroperasi di lahan seluas 51.500 meter ini, pada 2011 melayani sekira 13,77 juta penumpang tiap tahunnya. Angka ini meningkat tajam dalam tiga tahun terakhir.

Banda Kuala Namu, Sumatera Utara

kualanamu

Sebagai pengganti Bandara Polonia, Bandara Kuala Namu sudah tentu menjadi bandara kebanggaan Sumatera Utara. Dengan desain bandara yang modern dan terintegrasi dengan kereta super nyaman untuk mengangkut penumpang dari dan ke tengah kota. Operasional bandara Kuala Namu terhitung aktif pada 25 Juli 2013. Menghabiskan anggaran Rp5,8 triliun dalam pembangunannya, bandara ini membutuhkan waktu pengerjaan selama enam tahun. Terletak di Pulau Andalas, bandara ini memiliki panjang landasan seluas 3.750c60 meter. Luasnya landasan, membuatnya cukup untuk didarati oleh pesawat berbadan lebar seperti Boeing 747-400 atau bahkan Airbus A380. Dengan luas terminal hingga 118.930 meter persegi, Bandara Kuala Namu bisa menampung delapan juta penumpang tiap tahun.

Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng

jakarta-airport

Bandara Internasional Soekarno-Hatta merupakan gerbang masuk ke Indonesia. Tidak ada yang meragukan kualitas dari bandara kebanggaan Tanah Air ini.  Baru saja bandara ini masuk dalam The World’s Most Improved Airport 2014 atau bandara dengan pelayanan terbaik di dunia versi Skytrax. Bandara Soekarno-Hatta menempati peringkat keempat di dunia. Kualitas dunia dari Bandara Soekarno-Hatta mengikuti statusnya sebagai bandara paling sibuk di Indonesia. Beroperasi dengan 3 terminal, bandara ini tercatat sebagai bandara tersibuk kedelapan di dunia dengan total penumpang mencapai 62,1 juta per tahun. Rencananya, PT Angkasa Pura II selaku operator, berencana untuk meningkatkan kapasitas bandara. Peningkatan ini termasuk kapasitas apron dari 125 menjadi 174 pesawat.

Bandara Ngurah Rai, Denpasar

DCIM158GOPRO

Nama Bali sudah terkenal di dunia dengan obyek wisatanya yang mengagumkan. Sebagian besar dari wisatawan yang datang ke Bali, merupakan warga asing. Tentunya keberadaan bandara internasional yang memadai memberikan citra positif bagi Bali. Setidak sekira 27 penerbangan dilayani dari Bandara Ngurah Rai. 10 maskapai melayani penerbangan jalur domestik, sementara 17 lainnya melayani jalur internasional. Pada 2011, Bandara Ngurah tercatat melayani 12,7 juta penumpang. Kini dengan renovasi yang tengah berjalan, diharapkan bandara tersebut bisa melayani lebih banyak penumpang.

Bandara Sultan Hassanudin, Makassar

A view of the Sultan Hasanuddin airport in Makassar in Indonesia's South Sulawesi province

Kota Makassar, Sulawesi Selatan juga memiliki bandara dengan standar internasional. Dioperasikan oleh PT Angkasa Pura II, Bandara Sultan Hasanuddin terus mengalami pengembangan dan perluasan. Hasilnya pada 2011 Bandara Sultan Hasanuddin melayani sebanyak 7,4 juta penumpang. Tingginya intesitas penumpang di bandara ini, pihak otoritas bandara pun memperluas lahannya dari 51.000 meter menjadi sekira tujuh hektar. Satu hal lain yang menjadi kelebihan dari bandara ini adalah, layanan serta desain dari bandara yang setara dengan bandara-bandara lain di luar negeri.

(Visited 1,270 times, 1 visits today)

Comments

Click to comment

Comments

To Top