Destinasi

Indahnya pemandangan di kawasan perkemahan Ranca Upas

Malam di Ranca Upas

Plesiran ke Bandung kurang lengkap tanpa menikmati keindahan wisata alamnya. Dan bicara tentang wisata alam di Bandung memang tak ada habisnya. Satu lagi, tempat wisata yang banyak menyedot perhatian pengunjung adalah Wisata Ranca Upas di Ciwidey. Di sini, selain kamu bisa menikmati keindahan flora dan fauna, kamu juga dapat melihat indahnya gugusan bintang yang menyinari langit malam Ranca Upas, travelers.

Ranca Upas

tempatwiatadibandung.info

Di atas lahan yang kurang lebih mencapai 215 hektar, areal hutan lindung Ranca Upas ini memiliki beberapa jenis pepohonan yang sudah jarang sekali kamu temukan di tempat lain, seperti Puspa, Huru, Pasang, Hamirung, Jamuju, dan lainnya. Nggak hanya itu, kawasan Ranca Upas juga menjadi habitat burung dan rusa yang dibiarkan hidup bebas, travelers.

Dengan udara yang sangat sejuk, tempat wisata yang terkenal dengan nama Kampung Cai Ranca Upas ini berada di ketinggian 1.700 meter di atas permukaan laut, dan keindahan alam di dalamnya membuat Ranca Upas menjadi tempat yang sangat pas untuk menyegarkan kembali pikiran kamu, travelers.

Kegiatan di Ranca Upas

Saat kamu menyambangi wisata Ranca Upas, jangan sampai melewatkan kesempatan mengunjungi konservasi penangkaran Rusa Jawa yang mempunyai nama latin Cervus Timorensis ini, travelers. Maklum, kegiatan ini termasuk salah satu yang paling populer di Ranca Upas.

Di atas lahan seluas lima hektar ini, kamu bisa melihat dengan mata kepala sendiri kawanan rusa yang hidup bebas di alam terbuka. Di sini kamu juga bisa memberi makan rusa-rusa tersebut dengan wortel serta sayuran lainnya yang sudah disediakan.

Menurut cerita, dulunya hanya terdapat 11 ekor rusa di Ranca Upas, dengan lima diantaranya betina. Karena dibiarkan bebas berkeliaran di areal penangkaran, lahirlah bayi-bayi rusa hingga jumlahnya semakin banyak seperti sekarang.

Kalau ingin lebih menikmati suasana alam, camping di perkemahan Ranca Upas bisa menjadi referensi liburan kamu, travelers. Nggak perlu repot membawa perlengkapan berkemah, karena kamu bisa menyewa segala peralatannya di sini, termasuk tenda, sleeping bag, dan lain-lain. Kebutuhan logistik selama camping di perkemahan Ranca Upas juga akan terpenuhi karena banyak warung yang menjajakan aneka makanan, minuman, hingga kayu bakar.

Malam di Ranca Upas

donyalpha.wordpress.com

Dengan areal perkemahan Ranca Upas yang bisa menampung hingga 10.000 orang, kamu bisa dengan leluasa memilih tempat untuk menghabiskan malam sambil melihat indahnya kelap-kelip bintang.

Setelah menghabiskan malam di tengah dinginnya kawasan Ranca Upas, kamu juga bisa menghangatkan badan dengan berenang di kolam pemandian air panas, travelers. Kamu bisa menikmati sensasi bermain air di tengah pemandangan yang mengagumkan. Tak hanya itu, arena permainan lainnya juga bisa kamu nikmati di Ranca Upas, seperti tracking, bersepeda, ATV, sampai berkeliling danau dengan menggunakan kano yang membuat momen liburan kamu tak kan terlupakan.

Area penangkaran Rusa ini juga terhubung dengan lokasi kegiatan wisata lainnya, yaitu area Outbound Tegal Kawani. Di sini kamu bisa bermain dan menambah sensasi liburan kamu dengan sejumlah fasilitas yang telah disediakan dengan baik.

Lokasi wisata Ranca Upas

Wisata Ranca Upas memang berada cukup jauh dari pusat kota Bandung, kurang lebih berjarak 50 kilometer, tepatnya di Desa Alam Endah, kecamatan Ranca Upas. Butuh waktu sekitar dua jam dari pusat kota Bandung untuk tiba di kawasan wisata Ranca Upas ini dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Tak hanya menggunakan kendaraan pribadi, Ranca Upas juga bisa kamu jangkau dengan menggunakan transportasi umum, travelers. Kamu hanya harus lebih dulu ke terminal Leuwipanjang dan melanjutkan perjalanan menggunakan bus ke Ciwidey. Sesampainya di Ciwidey, travelers bisa menuju Ranca Upas menggunakan angkot.

Travelers, dengan segala keindahan yang ditawarkan, rasanya, Ranca Upas merupakan tempat wisata yang sangat pas dijadikan destinasi wisata untuk menyegarkan kembali pikiran dari padatnya rutinitas harian, kan? Yuk, segera pesan tiket pesawat ke Bandung hanya di pegipegi.com.

 

(Visited 541 times, 1 visits today)

Comments

To Top