Berita

Ilmuwan Temukan Bukti Baru Kalau Dunia Paralel itu Ada!

Travelers, pernah mendengar istilah dunia paralel? Kalau kamu sempat menonton film fiksi sains karya Christopher Nolan, Interstellar, pasti yakin konsepnya bisa terbayang dengan jelas dan kabarnya sudah mendekati kenyataan.

Secara teori, dunia paralel adalah dunia yang menyerupai dunia yang kita tinggali dengan segala kemiripan isinya. Sebagai gambarannya, kamu bisa melihat penampakan diri kamu saat berdiri di depan cermin.

Teori dunia paralel muncul berdasarkan pandangan umum para ilmuwan yang menyimpulkan bahwa ruang waktu itu datar dan meluas, nggak bundar atau lonjong. Ketika ruang waktu datar, apa yang kita lihat selama ini di alam semesta merupakan bagian terluar dari dimensi alam yang lebih besar, atau yang dikenal sebagai sembilan dimensi

.

insightmania

Dengan kata lain, di luar sana ada sejumlah bumi lainnya yang lengkap beserta isinya dan bergerak secara bersamaan. Percaya nggak?

Sejak fisikawan asal Austria, Erwin Schrodinger memberikan kuliah tentang teori many-worlds pada 1952, belum ada bukti kalau dunia paralel itu ada. Bantahan demi bantahan pun muncul untuk menutupi spekulasi banyak orang.

Foto: higherperspectives

Namun pada akhir 2015 lalu, para ahli astrofisika asal Universitas Durham menemukan fakta kalau alam semesta yang kita tempati pernah bertabrakan dengan alam semesta lainnya. Ini dibuktikan dengan temuan Cold Spot atau bintik-bintik dingin di sisi luar alam semesta kita.

Dengan luas 1.8 milyar tahun cahaya, para ilmuwan menggambarkan Cold Spot tersebut sebagai goresan sisa tabrakan beruntun antara alam semesta kita dengan alam semesta lainnya. Saking kuatnya tabrakan tersebut, energi yang keluar pun sangat besar dan menciptakan bintik-bintik dingin dengan suhu minus 400 derajat celsius.

Foto: Telegraph

Profesor dari pusat astronomi Universitas Durham, Tom Shanks memiliki pandangan tersendiri mengenai hal tersebut. “Cold Spot bisa jadi sinyal yang tersisa dari tabrakan antara alam semesta kita dengan salah satu dari triliunan alam semesta lainnya,” ucapnya yang dilansir Telegraph.

“Jika analisis selanjutnya berhasil menemukan jawaban yang tepat, maka Cold Spot bisa menjadi bukti pertama dari eksistensi multi alam semesta yang mirip dengan apa yang kita miliki saat ini,” tambahnya.

Ketemu Kembaran Semakin Nyata

Jika dunia paralel itu benar-benar ada, hal apa saja sih yang dapat kita temui? Yang pertama kepikiran pastinya kamu bisa bertemu doppelgänger alias kembaran kamu dengan kemungkinan beda nasib.

Kalau di sini Presiden Amerika Serikat itu Donald Trump, nggak mustahil jika di dunia lain yang jadi presiden itu Hillary Clinton. Atau, jika di sini John Lennon sudah tiada, ada kemungkinan di dunia lain dia masih hidup dan bekerja sebagai petani.

Foto: supajam

Tetapi ingat, kamu nggak akan bisa mengubah hidup dengan kembaranmu karena ruang waktu yang datar dan bergerak secara bersamaan.

Anyway, kalau masih bingung, coba deh sekali lagi nonton film Interstellar yang dibintangi Matthew McConaughey. Tonton bagian awal kemudian lompat ke bagian akhir saat ia nekat masuk ke dalam lubang hitam!

Foto utama: Youtube

Daripada pusing mikiran dunia paralel, mending liburan! Untuk kamu yang ingin liburan, yuk, pesan tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel murah lewat Pegipegi.

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

(Visited 2,797 times, 4 visits today)

Comments

To Top