Destinasi

Hotel Majapahit, saksi perjuangan pahlawan di Surabaya

Travelers, apa yang terlintas di benak kamu tentang Hari Pahlawan Indonesia? 10 November, Bung Tomo, dan kemungkinan besar, peristiwa perobekan bendera Belanda di Surabaya. Ya, pada 19 September 1945, terjadi sebuah peristiwa bersejarah di atap gedung Hotel Yamato, Surabaya. Sebagai bentuk perlawanan terhadap penjajahan Belanda, sejumlah pejuang tanah air menurunkan paksa bendera Belanda yang berwarna merah putih biru, lalu merobek bagian birunya untuk kemudian dikibarkan kembali sebagai sang merah putih.

Peristiwa Perobekan Bendera Belanda pada 19 September 1945

Peristiwa Perobekan Bendera Belanda pada 19 September 1945

Nah, sebagian travelers mungkin belum tahu, gedung bersejarah tersebut saat ini masih ada, dan terus dipergunakan sebagai hotel! Wah, bagaimana ceritanya ya?

Saat ini, eks Hotel Yamato ini bernama Hotel Majapahit, sebuah penginapan mewah berbintang lima. Bangunan bersejarah ini didirikan pada 1910 oleh Lukas Martin Sarkies, yang berasal dari Armenia. Nama pertamanya adalah Hotel Oranje, atau sering juga disebut LMS (inisial sang pendiri). Hotel Oranje resmi dibuka pada 1 Juli 1911, dan beberapa tahun berikutnya mengalami pembaruan interior dan eksterior.

Hotel Oranje

Hotel Oranje

Namun, ketika Jepang menduduki Indonesia, gedung ini diambil alih dan diubah namanya menjadi Hotel Yamato. Oleh pihak Jepang, hotel ini justru digunakan sebagai penampungan dan penjara sementara bagi wanita dan anak-anak Belanda. Di masa ini lah, terjadi peristiwa perobekan bendera bersejarah tersebut, yang berujung pada pertempuran Surabaya yang terkenal itu.

Hotel LMS

Hotel LMS

 

Pasca pendudukan Jepang, Hotel Yamato kembali diambil alih oleh keluarga Sarkies, dan resmi dinamakan LMS Hotel pada 1946, setelah sempat mengusung nama Hotel Merdeka selama beberapa waktu. Nama Majapahit baru dipakai ketika Mantrust Holdings Co. menjadi pemilik baru pada 1969. Majapahit sendiri merupakan nama kerajaan besar Indonesia yang legendaris.

Setelah sempat dikelola oleh grup hotel Mandarin Oriental pada 1993-2006, Hotel Majapahit kini diakuisisi oleh PT Sekman Wisata, dan telah mengalami sejumlah renovasi besar untuk mempertahankan kondisi bangunan.

majapahit_

Hotel Majapahit Modern

Cukup panjang juga ya, sejarah Hotel Majapahit ini? Travelers punya rencana jalan-jalan ke Surabaya? Pas banget nih waktunya untuk bermalam di hotel bersejarah ini. Dijamin nyaman dan seru, karena kamu bisa melihat interior ruangan yang klasik dan bernilai tinggi, sekaligus belajar sejarah, lho. Yuk, pesan kamarnya di PegiPegi, dan jangan lupa beli tiket pesawat ke Surabaya dulu ya.

(Visited 1,057 times, 1 visits today)

Comments

To Top