Berita

Hobi Unik 7 Presiden Indonesia yang Nggak Terduga

Sejak resmi merdeka 17 Agustus 72 tahun silam, Indonesia memiliki tujuh anak bangsa yang pernah menjadi pemimpinnya. Di tangan mereka, Indonesia berkembang pesat menjadi negara yang sangat diperhitungkan dari berbagai sektor, termasuk ekonomi dan pemerintahan.

Layaknya sebuah kapal, Indonesia nggak memiliki nakhoda yang memiliki karakter sama, terutama soal hobi. Mulai dari Ir Soekarno hingga yang saat ini masih menjabat, Joko Widodo memiliki hobi yang sangat berbeda satu sama lainnya.

Well, buat mengupas tuntas, Pegipegi sudah punya tujuh hobi dari tujuh presiden Indonesia yang mungkin terdengar unik buat kamu ketahui. Simak yuk!

Ir Soekarno

Foto: wm-site

Ia dikenal sebagai Bapak Proklamasi Indonesia. Di tangannya, Indonesia secara resmi mengumumkan kemerdekaan pada 17 Agustus 1945. Meski dikenal sosok yang serius dan kharismatik, Bung Karno punya hobi yang cukup unik.

Yap, ia dikenal oleh orang terdekatnya punya hobi bernyanyi di kamar mandi. Dalam buku Bung Kecil yang ditulis oleh Mohamad Roem, Bung Karno punya beberapa lagu favorit buat dinyanyikan dalam kamar mandi, salah satunya One Day When We Were Young karya Johann Straus.

Soeharto

Foto: republika

Sosok yang satu ini dikenal tegas dan elegan. Memimpin Indonesia selama 32 tahun lama, ia didaulat sebagai bapak pembangunan nasional di mana ia mampu membawaIndonesia sebagai salah satu negara kuat secara finansial oleh Bank Dunia.

Sosok yang elegan pun dapat dilihat dari hobinya. Selain memancing, Soeharto sangat hobi mengisap cerutu layaknya pesohor dari Negeri Eropa. Bahkan, kamu dapat menilai mood Soeharto bagus atau nggaknya lewat cara ia menikmati cerutu.

BJ Habibie

Foto: berkuliah

Di antara para presiden Indonesia, BJ Habibie dinilai punya kelebihan dalam sisi akademis. Julukan Bapak Teknologi Indonesia sangat melekat di dirinya. Bahkan, negara besar seperti Jerman pun berilmu kepadanya.

Soal hobi, Habibie cukup unik. Lantaran, ia sangat menggagumi motor gede (moge). Meski tubuhnya terbilang mungil, Habibie nggak pernah ragu menggeber Harley Davidson-nya, memboncengi mendiang istri tercinta, Ibu Ainun.

Abdurrahman Wahid (Gus Dur)

Foto: embunhati

Publik mengenal Abdurrahman Wahid atau Gus Dur sebagai presiden yang bersahaja. Berkatnya, gerakan Indonesia Membaca pun digalakkan demi menumpas buta huruf di Indonesia. Meski harus lengser karena lawan politiknya, Gus Dur tetap mampu menunjukkan kelasnya sebagai panutan bangsa dengan komitmen buat membaca.

Tapi, selain sangat hobi membaca, Gus Dur ternyata punya hobi kulineran. Jika sedang santai, ia sering mengajak rekan-rekannya buat berburu nasi padang. Konon katanya, seminggu, ia bisa boleh balik menyantap menu seperti dendeng batoko, otak sapi gulai, dan limpa gulai.

Megawati Soekarno Putri

Foto: profilbos

Beliau adalah putri dari Bapak Proklamasi Indonesia. Saat naik tahta pada 2001 lalu, Megawati pun menjadi presiden wanita Indonesia pertama dan sangat menginspirasi banyak wanita untuk bergerak maju.

Sosok yang sangat keibuan ini pun dikenal punya hobi yang cukup bersahaja. Layaknya wanita pada usianya, ia sangat menggemari aktivitas berkebun. Ia selalu menyempatkan sore harinya untuk menyiangi tanaman di kediaman atau sedang berdinas di kantornya.

Susilo Bambang Yudhoyono

Foto: independent

Tubuhnya yang bongsor menjadi refleksi ia adalah pemimpin yang tegas dan berwibawa. Dengan latar belakang militer yang kuat, SBY mampu menujukkan kapasitasnya sebagai pemimpin selama dua periode kepemimpinan.

Saat waktu santai, SBY kerap menuangkan hobi bernyanyinya. Bahkan, secara profesional, beliau telah menelurkan lima album dan 40 lagu. Sebuah gebrakan mengejutkan mengingat kesibukannya sangat padat.

Joko Widodo

Foto: kompasiana

Dilihat dari penampakannya, Jokowi punya gaya yang sederhana dan nggak neko-neko. Keputusannya sebagai presiden pun banyak menguntungkan rakyat kecil mengingat itu adalah komitmennya saat disumpah suci pada 20 Oktober 2014 lalu.

Yang bikin Jokowi menarik adalah hobinya nonton musik metal. Sejak masih menjabat sebagai Walikota Surakarta, ia kerap menyempatkan diri buat datang ke konser Burgerkill hingga Metallica di tahun 2013 lalu. Bahkan, seorang Robert Trujillo pernah menghadiahkan bass kesayangannya buat Jokowi.

17 Agustus mau liburan? Jangan lupa pesan tiket pesawat murah dan kereta api dan cari hotel murah Jakarta lewat Pegipegi. Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah cari hotel murah lain  pesan tiket kereta api murah

Comments

To Top