Berita

Hati-hati Powerbank Bisa Meledak di Dalam Pesawat!

Baru-baru ini kita mendengar berita maskapai penerbangan di China mengalami penundaan penerbangan selama tiga jam karena ada powerbank yang meledak di dalam pesawat. Untungnya ada pramugari yang sigap memadamkan api tersebut dengan jus, sehingga pesawat tidak mengalami kerusakan dan tidak ada korban jiwa.

Peristiwa tersebut merupakan peristiwa langka dan belum pernah terjadi di Indonesia. Meskipun demikian, kita perlu waspada karena negara lain telah mengalaminya terlebih dahulu. Hal ini juga membuat cemas Dirjen Penerbangan Udara, Agus Santoso. Beliau langsung menerbitkan Surat Edaran Keselamatan terkait ketentuan membawa powerbank dan baterai lithium cadangan pada pesawat udara.

Di dalam surat ketetapan tersebut dinyatakan bahwa powerbank yang boleh dibawa ke dalam pesawat adalah powerbank dengan kapasitas daya 100 watt-hour (Wh). Sedangkan powerbank dengan kapasitas daya 100 Wh sampai 160 Wh harus sesuai perizinan maskapai penerbangan. Dan untuk yang berkapasitas daya di atas 160 Wh dilarang masuk pesawat. Kapasitas 100 Wh jika dikonversi ke mAh adalah sebesar 27.000 mAh. Jadi powerbank yang bisa dibawa ke dalam kabin adalah yang berkapasitas di bawah 27.000 mAh dengan voltase 3,6– 3,85 V.

Powerbank memang penting untuk menunjang keperluan liburanmu, namun jangan lupa diperhatikan kapasitas dayanya, ya, supaya tidak merugikan keselamatan kamu dan penumpang lain! Supaya bujet liburan kamu terjangkau, ayo pesan tiket pesawat dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah cari hotel murah

Foto: Dok. Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

 

Comments

To Top