Berita

Hati-Hati Buka Puasa dengan Minuman Dingin!

Travelers, buka puasa itu memang nikmat jika ditemani dengan minuman dingin. Mulai dari es kelapa yang segar hingga es cendol dengan nangka di dalamnya!

Tapi, kamu tahu nggak kalau berbuka puasa dengan minuman dingin justru berbahaya untuk kesehatan kamu? Apalagi jika kamu kombinasikan dengan makanan berlemak dan berminyak, makin gawat, deh!

Foto: chowhound

Penasaran kenapa kamu nggak diajurkan buat berbuka dengan minuman dingin? Pegipegi sudah kumpulkan beberapa hal penting yang kamu harus ketahui sebelum berbuka puasa.

Bikin Lambung Kaget

Bisa kamu bayangkan, lambung harus bekerja 12 jam lamanya tanpa ada asupan yang masuk. Nah, jika kamu tiba-tiba memasukkan carian yang terlalu dingin, kinerja sang lambung pun akan melemah dan kaget karena harus menyesuaikan diri dengan suhu tubuh.

Foto: thehealthsite.com

Rasa cepat kembung atau penuh pun jadi reaksi yang bakal dihadapi jika kamu nekat memaksa tubuh kamu menyerap minuman dingin. Jika kamu terus-terusan, gangguan lambung bakal menyerang kamu.

Jika sudah menimbulkan infeksi, bahaya yang dihasilkan karena mengonsumsi minuman dingin saat buka puasa pun bisa lebih besar. Tentu saja kamu nggak mau kan hal ini terjadi.

Berbuka Ada Caranya

Nah, bagaimana sih cara terbaik untuk buka puasa? Well, banyak ahli kesehatan menganjurkan kita untuk menegak air putih sebagai pembukanya. Fungsi air putih yang melegakan bakal menjadi awalan sebelum asupan lainnya masuk ke dalam perut kamu.

Nah, setelah itu, bolehlah kamu mulai konsumsi minuman dan camilan yang manis seperti kurma, atau kolak. Akan lebih baik lagi jika kamu menghindari makanan yang berminyak dan berlemak.

Foto: netmums.com

Minuman seperti teh manis hangat juga tepat sebagai hidangan berbuka, untuk mengembalikan gula darah yang rendah selama berpuasa. Namun, minuman manis juga harus dalam porsi yang tidak berlebihan.

Jika sudah minum teh manis, sebaiknya kurangi konsumsi es-es’an seperti es campur, atau es buah. Satu gelas teh manis saja sudah cukup untuk menaikkan gula darah dan membuat tubuh kembali berenergi. Mau yang lebih praktis dan mengenyangkan? Makan buah segar yang lengkap mengandung gula dan air, juga teksturnya lebih padat dari pada air.

Foto utama: bloomveda.com

Sudah tahu mau berbuka dengan ap? Sambil menunggu berbuka, yuk rencanakan traveling kamu selanjutnya dengan pesan tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

(Visited 187 times, 1 visits today)

Comments

To Top