Event & Festival

Maratua Jazz and Dive Fiesta 2015, sebuah harmoni musik dan alam

Maratua Jazz and Dive Fiesta

Pulau Maratua mungkin masih asing terdengar bagi sebagian kalangan. Tidak seperti destinasi wisata lain, (Bali misalnya) gaung Pulau Maratua memang belum terdengar nyaring. Padahal, keindahan pulaunya gak kalah cantik dengan pulau-pulau lain di Tanah Air. Nah, untuk lebih mengenalkan keindahan paradise island ini kepada dunia, bakal digelar Maratua Jazz and Dive Fiesta pada September mendatang. Ini untuk pertama kalinya loh, Pulau Maratua menyelenggarakan konser jazz berskala internasional.

Maratua Jazz and Dive Fiesta

foto: www.wartajazz.com

Pada dasarnya, tujuan pagelaran Maratua Jazz and Dive Fiesta adalah menggabungkan dua komunitas dalam satu acara; yakni komunitas pecinta diving dan penikmat jazz. Untuk acara ini, akan hadir dua musisi jazz kenamaan Indonesia, yakni Idang Rasjidi dan Mus Mujiono. Keduanya bahkan sempat tampil dalam acara permulaan yang digelar di Cantika Swara Resort & Convention Centre, Berau, awal tahun ini.

Nama Idang Rasjidi sudah malang melintang di dunia jazz. Dia banyak bermain di festival baik dalam maupun luar negeri serta dikenal sebagai sosok yang rajin mencari bakat muda sebagai generasi penerus jazz. Gak cuma itu, Idang juga aktif memperkenalkan Indonesia ke mancanegara melalui musik jazz. Jadi gak berlebihan jika dia dipandang sebagai salah satu ikon jazz Tanah Air dan layak mengisi Maratua Jazz and Dive Fiesta yang pertama ini.

Sementara Mus Mujiono pasti sudah gak asing lagi kan buat kamu para pecinta musik di Indonesia. Pria yang mendapat julukan George Benson Indonesia gak cuma andal memainkan berbagai jenis alat musik, kecuali terompet, tapi juga memiliki suara emas.

Melihat jam terbang kedua musisi ini di dunia jazz, gak salah mereka berdua didapuk sebagai “juru bicara” untuk lebih mengenalkan pariwisata Indonesia, khususnya Pulau Maratua melalui jalur yang mereka geluti.

Buat kamu yang penasaran dengan Pulau Maratua, pegi-pegi bakal ngasih sedikit penjelasan mengenai wilayah yang juga disebut pulau surga ini. Pulau Maratua merupakan satu dari empat pulau yang paling terkenal di Kepulauan Derawan yang masuk dalam kawasan Segitiga Terumbu Karang, dengan tiga lainnya adalah Pulau Derawan sendiri, Pulau Kakaban dan Pulau Sangalaki. Pulau dengan luas wilayah darat dan perairan masing-masing 384,36 km2 dan 3.735,18 km2 berada di posisi terluar Indonesia, yaitu di Laut Sulawesi dan berbatasan dengan Malaysia serta Filipina.

Pulau Maratua

foto: imgkid.com

Meski dianggap sebagai destinasi wisata “orang kelas atas” nama Pulau Maratua sudah makin harum beberapa tahun belakangan ini. Banyak wisatawan, baik nasional maupun mancanegara, yang jatuh cinta dengan kekayaan bawah laut yang ditawarkan serta pantai pasir putih yang begitu bersih.

Gak cuma itu, para diver juga bakal dimanjakan dengan keanekaragaman hayati laut, seperti terumbu karang berwarna-warni, aneka jenis ikan, penyu hijau, dan biota laut lainnya. Di Pulau Maratua juga terdapat sekira 21 titik penyelamatan yang nyaris berbentuk huruf U terbalik. Gak heran kan pulau ini diklaim sebagai paradise island.

Untuk melindungi keindahan dan kekayaan Pulau Maratua, pulau tersebut dikelola Yayasan Keanekaragaman Hayati (Kehati) bersama dengan Chevron Indonesia Company memulai program Maratua Ecotourism for Sustainable Small Island atau yang lebih dikenal MESSI, yakni program pembangunan pariwisata berbasis lingkungan yang berkelanjutan.

Mumpung masih ada cukup waktu, gak ada salahnya traveller nabung mulai sekarang untuk memasukkan Pulau Maratua untuk menikmati Maratua Jazz and Dive Fiesta dalam agenda wisata di September nanti. Kapan lagi menikmati indahnya senja indah Maratua sambil ditemani alunan musik jazz yang syahdu dan angin sepoi menerpa wajahmu? Sebuah harmoni antara keindahan alam, alunan musik indah dan pacuan adrenalin di kedalaman samudera ini hanya akan dapat kamu nikmati di Maratua Jazz and Dive Fiesta!

Rencanakan perjalananmu sekarang juga bersama pegipegi.com! Kamu bisa mencari tiket pesawat murah ataupun booking hotel lebih awal untuk mendapatkan harga yang lebih hemat di kantong.

(Visited 370 times, 1 visits today)

Comments

To Top