Destinasi

Gunung Patuha, Alasan Cantiknya Kawah Putih di Ciwidey

Bagi sebagian besar kamu yang hobi traveling ke Bandung, Kawah Putih di kawasan Ciwidey terdengar sangat familiar. Tapi, kamu belum tentu tahu berasal dari mana sih wisata Kawah Putih tersebut.

Ternyata, Kawah Putih merupakan bagian dari Gunung Patuha. Berlokasi 50 kilometer dari Kota Bandung, Gunung Patuha punya cerita panjang sampai akhirnya melahirkan Kawah Putih.

Semua berawal di abad ke-10 saat Gunung Patuha pertama kali meletus dasyat. Dengan usia yang mencapai ribuan tahun, Gunung Patuha pecah dan meninggalkan sebuah kawah di bagian barat puncaknya.

Oleh masyarakat sekitar, kawah tersebt dinamakan Kawah Saat. Lantaran, kawah yang satu ini sama sekali nggak menghadirkan vegetasi yang bagus alias mengering.

Butuh dua abad bagi Gunung Patuhan untuk meletus lagi. Tepat di abad 13, gunung dengan tipe Stratovolcano meletus dasyat dan melahirkan kawah berbentu dana. Berbeda dengan kawah pertama, kawah kedua jauh lebih hidup dan mengandung belerang yang kuat.

Foto: jhooz_qllen

Lantaran warna airnya putih, publik menyebut kawah yang satu ini dengan nama Kawah Putih. Adalah seorang doktor dan botanikus asal Belanda, Dr. Franz Wilhelm Junghuhn yang pertama kali menemukan kemolekan.

Pesona Tiada Tara

Meskipun secara pamor kalah dari nama besar seperti Gunung Papandaya atau Tangkuban Perahu, Gunung Patuha menyimpan pesona tersendiri, lho.

Selain memiliki dua kawah di kedua sisinya, Gunung Patuha memiliki hutan tropis yang sejuk, lho. Dengan vegetasi yang masih sangat alami, Gunung Patuha cocok buat kamu yang hobi melakukan pendakian.

Selain itu, pada bagian kaki gunung, hadir Situ Patenggang yang menawarkan danau luas yang cantik dan menaawan. Dengan latar belakang Gunung Patuha, Situ Patenggang menjadi habitat bagi berbagai jenis ikan seperti mujair, nila, mas hingga paray.

A post shared by Indra Risdiana (@irisdiana13) on

Pada hutan lindungnya, terdapat area yang ditumbuhi rumput dan pepohonan khas Jawa Barat sejenis puspa (Scima waliechi), saninten (Castanopsisargentia), dan pasa (Cuercus sp). Intinya, pesona Gunung Patuha nggak kalah kok dari Kawah Putihnya.

Suasana mistis kerap tercipta di kawasan Gunung Patuha. Salah satunya soal nggak pernah ada kawanan burung yang berani melintasi Kawah Putih.  Kisah lainnya hadir dari bibir warga sekitar yang menyebut Gunung Patuha adalah sebuah kerajaan jin penguasa Kawah Putih.

Meskipun demikian, Gunung Patuha tetap jadi destinasi menarik untuk disinggahi.

Tertarik main ke Gunung Patuha? Mampir dulu ke Bandung. Jangan lupa pesan tiket pesawat atau tiket kereta api ke Bandung dan cari hotel murah di Bandung lewat Pegipegi, ya! Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah ke bandung pesan tiket kereta api murah ke bandung cari hotel murah lain di bandung

Foto utama: westjavatourismboard

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

(Visited 326 times, 7 visits today)

Comments

To Top