Destinasi

Gunung Ciremai, Destinasi Wisata Alam Penuh Kejutan di Majalengka

Mau ajak keluarga liburan sambil bertualang? Yuk, ajak mereka ke Majalengka! Di sana, ada kawasan wisata Gunung Ciremai yang siap bikin liburan kamu makin seru.

Berdiri gagah 3,084 meter di atas permukaan laut, Gunung Ciremai membelah dua kabupaten besar di Jawa Barat, Kuningan dan Majalengka. Yang bikin menarik dari Gunung Ciremai adalah statusnya sebagai gunung tertinggi di Jawa Barat dengan bentuk kerucut.

Penamaan gunung ini sendiri diambil dari sebuah buah, cereme yang memiliki rasa asam. Lantaran masyarakat di sekitarnya kerap menggunakan awalan “ci” untuk menggambarkan sebuah tempat, maka gunung ini dinamakan Ciremai.

Dengan dua kawah yang cukup aktif, Kawah Barat dan Kawah Timur, Gunung Ciremai memiliki spot unik, Goa Walet. Goa Walet sendiri merupakan berupa cekungan yang di salah satu sisinya terdapat gua berstalaktit dan stalagmit.

Gunung yang satu ini dikenal dengan keindahan lanskapnya serta keramahan para penduduknya. Di bagian barat bukit, kamu juga bisa menikmati indahnya Lembah Cilongkrang yang asri, lho.

Hutan alami di kawasan Gunung Ciremai terletak di bagian atas sementara pada bagian bawah lebih didominasi oleh hutan pinus jenis pinus merkusii yang dikelola oleh Perum Perhutani. Jadi, selagi mendaki, kamu bisa menikmati hijaunya hutan pinus yang ada di sini.

Selain menawarkan wisata berupa pendakian gunung, Gunung Ciremai juga hadir dengan koleksi margasatwa yang lengkap. Berdasarkan penelitian yang dilakukan Kelompok Pecinta Alam Lawalata IPB di tahun 2005 ditemukan 12 jenis spesies amphibi, berbagai jenis reptil seperti ular, kadal, cicak dan bunglon, serta lebih dari 20 spesies mamalia dan lebih dari 95 spesies burung.

Selain itu di sini banyak ditemukan elang Jawa, elang hitam, elang brontok, trenggiling, lutung budeng dan spesies lainnya yang sangat beragam. Tertarik main ke sini?

Mau main ke Majalengka? Sekalian liburan ke Majalengka! Yuk,  tiket kereta api, dan cari hotel murah di Bandung lewat Pegipegi! Selamat liburan!

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top