Destinasi

Menantang adrenalin dengan mendaki Gunung Batu Jonggol

gunung-batu

Treking ke Gunung Batu yang ada di Bogor emang cocok banget buat travelers yang pengin ber-adventure ria tapi nggak mau jauh-jauh dari ibukota. Bentuk dan landscape-nya yang mirip dengan yang ada di Selandia Baru ini juga super unik dan membuat banyak travelers penasaran untuk menaklukannya. Kalau kamu juga pengin tahu lebih banyak lagi tentang Gunung Batu Jonggol, Pegipegi punya informasi lengkapnya buat kamu. Yuk disimak bareng-bareng.

 

gunung-batu

foto : http://infonitas.com/

Lokasi Gunung Batu

Gunung Batu sendiri letaknya ada di Kecamatan Sukamakmur, Jonggol, Bogor dan untuk mencapai puncak, kamu wajib punya stamina fit. Gunung Batu memang tingginya sedang-sedang saja, hanya sekitar 875 meter di atas permukaan air laut. Kalau kamu datang dari Jakarta, rute yang bisa ditempuh adalah : Jakarta – Cileungsi – Jonggol – Mengker – Gunung Batu. Tempat ini kira-kira dapat dijangkau sejauh 55 km dari ibukota. Dan untuk memulai perjalanan, kamu harus bayar dulu Rp15.000* untuk parkir kendaraan.

Trek Mendaki Gunung Batu

Umur Gunung Batu Jonggol sebagai tempat wisata alam memang masih bayi karena baru dibuka pada akhir tahun 2014. Saat treking ke Gunung Batu, mata harus awas dan fisik juga harus segar bugar karena jalur pendakian yang akan ditempuh didominasi oleh bebatuan dan tanah. Bahkan di beberapa spot terlihat cukup curam.

Saat memulai pendakian di titik start, dari kejauhan target yang akan dicapai bentuknya mirip sekali dengan bongkahan batu dengan kontur gunung yang mewajibkan kamu punya fisik prima. Pada awalnya, kamu memulai treking dengan jalan tanah bebatuan, kemudian trek tanah kering yang cukup menanjak, hamparan rumput ilalang yang cukup tinggi, medan tanah yang teksturnya lumayan licin dan menanjak.

Travelers, kalau merasa kelelahan, kamu juga bisa rehat sejenak kok karena di rute treking Gunung Batu juga ada spot yang bisa kamu gunakan untuk beristirahat untuk sekedar minum atau mengganjal perut. Setelah itu baru melanjutkan perjalanan. Mendekati puncak, treknya makin curam dan minim pepohonan sehingga kepala harus dilindungi agar tidak terkena sinar matahari langsung. Itu kalau kamu treking-nya kesiangan ya travelers.

Puncak memang sudah semakin dekat, tapi ‘cobaan’ untuk mencapainya ternyata semakin sulit karena treknya hampir tegak lurus. Kalau kamu udah familiar dengan panjat tebing, mungkin sudah ada gambaran untuk menaklukannya. Tapi kalau kamu baru pertama kali climbing, barangkali akan terpesona terlebih dulu baru berpikir gimana ya untuk bisa melewati rute ekstrim tersebut.

Hebohnya lagi, jalurnya lumayan sempit dan hanya dapat didaki oleh satu orang saja. So kalau kamu datang bareng rombongan, kamu wajib antri karena kalau gerudukan, akibatnya bisa fatal. Apalagi di bagian kanan-kiri trek masih belum ada pengaman.

Tapi nggak usah takut. Sambil menunggu giliran, kamu dapat menyaksikan betapa mempesonanya view di sekitar Gunung Batu. Di pagi hari, kabut nampak terbang begitu rendah. Sedangkan pemandangan hijau perbukitan yang dikelilingi oleh aliran sungai makin mempercantik kawasan Gunung Batu Jonggol.

Enjoy Gunung Batu

Akhirnya, sampai juga di puncak Gunung Batu. Perjalanan untuk treking yang nggak mudah memang tidak akan sia-sia kalau akhirnya kamu berhasil berdiri diantara hamparan hijau pegunungan yang ada di sekitar Gunung Batu Jonggol. Bener banget travelers. Betapa luas alam di bawahnya. Dari atas puncak, kamu pasti langsung terpukau dan takjub kala menyaksikan langsung panorama alam dengan gradasi warna hijau yang membuatmu berdecak kagum.

Rumah-rumah penduduk berupa titik-titik kecil nampak begitu jelas. Tidak hanya itu, sesekali kamu juga bisa menangkap awan yang bersliweran di depanmu lho. Keren ‘kan? Keringat mungkin belum kering tapi kalau hati sudah terlanjur happy, rasa letih dan lelah setelah berjam-jam mendaki dijamin langsung sirna.

Oh ya, kalau dari awal kamu udah berniat kemping dan pengin melihat sunrise di Gunung Batu, ada baiknya membawa peralatan yang memadai hingga tiba waktu turun. Dan karena cuaca lumayan dingin, kamu pun wajib bawa jaket dan baju hangat lainnya. Selain itu, hindari treking saat musim hujan ya karena akses jalannya jadi beresiko dan berbahaya karena hingga kini sebagian besar masih berupa trek tanah.

Nah travelers, kalau kamu lagi ada feeling untuk climbing dan malas bawa barang berat-berat, kamu bisa segera meluncur ke Gunung Batu Jonggol. Kamu bisa pulang-pergi dalam satu hari. Menarik banget ‘kan? Selamat berpetualang.

Keterangan * : Harga berlaku saat artikel ini ditulis.

(Visited 6,440 times, 1 visits today)

Comments

To Top