Berita

Gunnar Garfors, pria termuda yang berhasil menjelajah 198 negara!

gunnar garfors

Travelers, sudah berapa negara yang sudah kamu kunjungi? Malaysia, Singapura, Australia, Amerika Serikat, Vietnam, Thailand, Perancis, Italia? Sudah banyak juga ya. Tapi jangan sombong dulu karena itu juga masih kurang dari 10 negara. Bandingkan dengan pria ini. Gunnar Garfors. Dialah pria termuda yang berhasil mengunjungi semua negara yang ada di dunia. Mencengangkan sekali bukan? Bahkan ia belum genap 37 tahun lho. Pengin tahu gimana Gunnar Garfors melakukannya?

gunnar garfors

foto: buzzfeed

Siapa itu Gunnar Garfors

Gunnar Garfors adalah pria dari Norwegia yang punya hasrat kuat untuk bisa mengunjungi semua negara di muka bumi. Dunia pun mengakui kalau Gunnar Garfors adalah pria termuda yang berhasil menjelajahi 198 negara. Petualangannya dimulai saat ia masih berumur 1 tahun. Kala itu, ia datang mengunjungi Yunani. Dia mungkin belum tahu betul dan tidak ingat pengalaman apa saja yang sudah dialami, namun sejak saat itu, hasrat untuk bisa berkeliling dunia makin membuncah.

Keinginannya ini tentu tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat karena perlu waktu bertahun-tahun untuk bisa mendatangi ratusan negara yang ada di dunia. Namun Gunnar Farfors tidak peduli. Ia pun akhirnya dapat menuntaskan petualangan berkeliling dunia sebelum merayakan ulang tahun yang ke-37 setelah ia mengunjungi Afrika, yaitu Cape Verde pada tahun 2013.

 

Hasrat berpetualang Gunnar Garfors

Semua travelers pasti langsung tergoda saat membaca atau melihat liputan tentang kota-kota cantik dan terkenal di dunia. Namun, passion yang dimiliki Gunnar justru sebaliknya. Ia makin semangat untuk mengeksplorasi negara-negara yang belum dikenal luas oleh wisatawan di dunia. Kemudian ia pun mengunjungi India, Cina, Tanzania, dan Kenya. Namun, negara-negara yang tidak begitu populer seperti Kazakhstan dan Kyrgyzstan justru punya kesan lebih mendalam dan membuatnya jatuh cinta.

 

Alasan utamanya tentu saja karena keramahan luarbiasa dari masyarakat setempat. Tidak hanya itu, pemandangan yang begitu spektakuler juga membuat Gunnar betah tinggal di sana. Sejak saat itulah ia memulai petualangan ke negara-negara baru yang berakhiran ‘stan’. Setelah puas mengeksplorasi, baru kemudian pada tahun 2008 Gunnar melebarkan sayap dengan mengunjungi negara-negara lain di dunia.

 

Mungkin kamu bertanya-tanya, apa Gunnar seorang pengangguran? Kok bisa jalan-jalan dan keliling dunia ya. Itu salah besar travelers. Gunnar adalah salah satu pemimpin di sebuah perusahaan yang bergerak di bidang media sehingga ia bisa melakukan perjalanan sambil bekerja atau malah sebaliknya, bekerja sambil keliling dunia. Ia pun sadar kalau tidak semua orang punya kesempatan untuk melakukan hal yang sama, namun Gunnar meyakini pasti ada cara sederhana yang bisa dilakukan. Biarpun ia harus mengunjungi belahan dunia lain, ia masih dapat bekerja dan mendapatkan penghasilan.

 

Setelah Gunnar kembali dari liburan terakhir, yaitu perjalanan mengelilingi 5 benua sekaligus, hasilnya adalah ‘198 : How I Ran Out of Countries’. Dalam buku tersebut, Gunnar ingin berbagi pengalamannya pada pembaca, memberi saran positif seperti dalam hal mengatur budget selama melakukan perjalanan. Buku tersebut juga memberi gambaran tentang perlunya beradaptasi dengan peraturan hukum yang berlaku di tiap-tiap negara.

 

Biarpun Gunnar sudah berhasil menjelajahi semua negara yang ada di dunia, pada akhirnya ia pun meyakini kalau negara asalnya-lah yang paling indah, Norwegia. Bagaimana tidak? Keberadaan midnight sun pada musim panas dan aurora pada musim dingin tidak dapat ditemukan di negara-negara lain. Bahkan fenomena ini menjadi daya tarik wisatawan dari berbagai negara. Tidak hanya itu, Norwegia juga punya pulau pulau yang mengelilingi negeri ini, glasier, gunung-gunung, dan juga fjords. Cantik sekali.

(Visited 188 times, 1 visits today)

Comments

To Top