Destinasi

Gua Rancang Kencono, Wisata Bersejarah di Yogyakarta

Hari Kemerdekaan Indonesia memang telah usai, namun nggak ada salahnya jika kita berwisata di tempat bersejarah. Salah satunya di Gua Rancang Kencono yang berlokasi di Dukuh Menggoran, Desa Bleberan Kecamatan Playen Kabupaten Gunung Kidul, sekitar 40 km dari pusat Kota Yogyakarta.

Gua dengan sejuta misteri

Goa Rancang Kencono sudah digunakan sejak zaman megalitikum, Kerajaan Mataram Islam, dan zaman perjuangan setelah Kemerdekaan Republik Indonesia. Ada dugaan yang mengatakan bahwa Goa Rancang Kencono pernah didiami manusia sejak ratusan tahun, bahkan ribuan tahun lalu.

Menurut sebuah buku Sejarah, Gua Rancang Kencono ditemukan pada tahun 1720 saat Laskar Mataram melarikan diri dari kejaran Belanda. Kedua laskar tersebut adalah Kyai Putut Linggo Bowo dan Kyai Soreng Pati yang menemukan goa tersebut untuk istirahat dan sembunyi. Ada pula sumber lain yang mengatakan bahwa Goa Rancang Kencono pernah menjadi tempat pelarian Pangeran Diponegoro dan Sentot Prawiro Dirjo dari kejaran penjajah, juga menjadi tempat persinggahan Wali Songo (Sunan Kalijaga) ketika melakukan penyebaran agama Islam di Gunungkidul.

Unik dengan pohon klumpit raksasa

Selain memiliki mulut yang lebar, gua ini juga ditumbuhi pohon klumpit rakasasa yang tumbuh menjulang tinggi di tengah. Pohon tersebut sudah berusia lebih dari dua abad. Untuk masuk ke sana, kamu bisa menggunakan anak tangga. Jika sudah berada di dalamnya, kamu pasti akan tercengang, soalnya Gua Rancang Kencono luas banget, sekitar 20×20 meter dan tingginya 12 meter. Cukup banyak stalagtit yang menghiasi langit-langit gua.

Di Gua Rancang Kencono juga ada beberapa lorong. Yang paling mencolok perhatian adalah lorong gua yang ukurannya cukup kecil, sehingga cuma bisa dimasuki satu per satu pengunjung. Di sana ada ruangan cukup luas dengan ukuran 5×6 meter. Kabarnya ruangan itu sering digunakan untuk bertapa dan di dalamnya terdapat beberapa arca.

Jangan lupa lanjut ke Air Terjun Sri Gethuk

Goa Rancang Kencono memiliki lorong yang langsung terhubung dengan Air Terjun Sri Gethuk. Jadi, sayang banget kalau kamu nggak sekalian ke Air Terjun Sri Gethuk jika sudah puas main di goa. Keunikan Air Terjun Sri Gethuk adalah aliran airnya yang nggak pernah berhenti meskipun sedang musim kemarau. Ketika musim penghujan, Air Terjun Sri Gethuk makin terlihat indah, soalnya kamu bisa melihat pelangi.

Air Terjun Sri Gethuk juga menyimpan misteri. Menurut penduduk lokal, air terjun ini adalah tempat khusus untuk menyimpan kethuk (alat musik atau gamelan milik makhluk halus, yaitu Jin Anggo Meduro. Kadang, warga di sana mendengar alunan musik gamelan.

Gimana, travelers? Penasaran nggak dengan Goa Rancang Kencono? Kalau iya, langsung aja rencanakan perjalanan kamu dengan pesan tiket pesawattiket kereta api, dan cari hotel murah di Yogyakarta lewat Pegipegi! Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah ke yogyakarta pesan tiket kereta api murah ke yogyakarta  cari hotel murah di yogyakarta

Foto utama: http://www.nasirullahsitam.com

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

 

(Visited 270 times, 1 visits today)

Comments

To Top