Kuliner

Gohu Ikan, sashimi segar dan nikmat ala Ternate

Buat penikmat kuliner Jepang, pasti sudah kenal betul dengan sashimi. Olahan ikan mentah segar ini memang sukses bikin ketagihan. Sekali mencoba, pasti ingin lagi dan lagi. Tak disangka, ternyata Indonesia juga punya, menu sejenis sashimi yang dikenal dengan nama gohu ikan. Berasal dari Ternate—terutama Pulau Halmahera dan Pulau Morotai—daerah ini dikelilingi lautan sehingga kaya akan hasil seafoodnya.

Bahan utama gohu ikan
Tidak semua ikan bisa dijadikan bahan untuk membuat gohu ikan. Umumnya, ikan laut yang digunakan adalah ikan tuna mentah yang masih segar. Tapi kalau sedang tidak musim, orang Ternate biasa menggunakan ikan cakalang. Tidak hanya travelers lokal saja yang menikmati kelezatan gohu ikan karena banyak juga turis mancanegara yang tertarik untuk mencicipi sashimi ala Ternate ini. Maklum, selain lezat, gohu ikan memiliki kandungan gizi yang tinggi karena ikan tuna mengandung omega. Tapi ingat, di Ternate ada dua jenis gohu, yaitu yang memakai bahan dasar papaya maupun ikan. Makanya, sebut nama ‘gohu ikan’ dengan lengkap supaya nggak salah kira.

Berburu gohu ikan di Ternate
Travelers, jangan mengira kamu bisa langsung menyantap gohu ikan saat di Ternate karena untuk bisa menikmati gohu ikan kamu wajib pesan dulu. Susahnya lagi, rumah makan yang menjualnya juga tergolong langka. Tapi ada satu rumah makan di Halmahera yang bisa dijadikan rujukan, yaitu RM Tika. Sedangkan kalau di Ternate, kamu bisa menemukan gohu ikan di Kedai Mita yang letaknya ada di Kompleks Kotabaru, Kota Ternate. Sistem pembeliannya dengan hitungan paket, kisaran harga antara Rp 25.000* – Rp 40.000*.

www.geretkoper.com

www.geretkoper.com

Cara menikmati gohu ikan
Biarpun jarang sekali warung makan yang menjual gohu ikan, tapi bukan berarti masyarakat di sana tidak bisa membuatnya. Bisa dibilang hampir semua orang bisa membuat gohu ikan, tapi nggak semua orang mau makan karena nggak terbiasa dengan rasanya. Sesuai dengan warna dan bumbu-bumbu yang digunakan, gohu ikan memilik rasa pedas, asam dan segar yang dominan. Mau dimakan langsung, ditambah papeda atau nasi, sama lezatnya.

Cara membuat gohu ikan
Buat kamu penikmat kuliner yang penasaran seperti apa rasa gohu ikan, kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Tinggal beli ikan tuna atau cakalang segar lalu lakukan langkah-langkah berikut ini:
1. Potong ikan dengan ukuran dadu kecil-kecil. Setelah itu baru dibersihkan untuk menghilangkan darah. Jika memakai ikan cakalang, buang kulitnya untuk menghindari bau amis.
2. Lumuri ikan dengan garam dan perasan lemon cui (bentuknya seperti jeruk nipis dengan warna kuning-jingga di bagian dalam). Ikan yang tadinya berwarna kemerahan pun langsung berubah saat diberi air lemon.
3. Aduk hingga merata baru lalu tambahkan potongan daun kemangi. Diamkan dulu selama beberapa menit sebelum disantap agar bumbu meresap sempurna.
4. Untuk menambah cita rasa makin nikmat, tumis cabai rawit dan bawang merah yang telah diiris-iris dengan sedikit minyak kelapa, lalu siram di atas potongan ikan segar.
5. Beri taburan kacang tanah goreng yang sudah ditumbuk kasar. Gohu ikan pun siap disantap.

http://christiesuharto.com

http://christiesuharto.com

Nah, bagaimana travelers, makin tertarik mencoba gohu ikan di Ternate, kan? Buruan atur perjalananmu sekarang juga di pegipegi.com dan dapatkan harga termurah saat pesan hotel dan pesawat!

*Harga berlaku saat artikel ini ditulis.

(Visited 527 times, 1 visits today)

Comments

To Top