Destinasi

Goa Hawang, Keindahan Penuh Misteri di Kepulauan Kei

Kenapa dinamakan Goa Hawang? Soalnya, hawang jika diartikan ke Bahasa Indonesia berarti arwah. Sebagian besar warga di Kepulauan Kei, Maluku percaya jika goa didiami oleh banyak hantu. Seperti apa cerita lengkapnya? Simak bareng Pegipegi, yuk!

Ada yang dikutuk menjadi batu

Di dalam Goa Hawang terdapat batu yang melambangkan seorang pemburu pria yang memegang tombak dan dua ekor anjing. Menurut cerita yang beredar, pria tersebut pergi berburu babi hutan bersama kedua ekor anjing. Babi hutan yang diincar mendadak hilang saat memasuki gua. Karena lelah mengejar babi hutan, pria tersebut sempat minum iar gua yang ternyata sangat pahit. Ia pun marah dan kecewa hingga mengeluarkan kata-kata kotor, sehingga ia dan kedua anjingnya dikutuk menjadi batu.

Ada kolam alami di Goa Hawang

Goa Hawang berada di Desa Letvuan, 15 km dari Langgur. Daya tarik utama yang dimiliki oleh Goa Hawang adalah batuan stalagtit yang sangat menarik. Kamu juga bisa melihat batu kutukan yang dimitoskan oleh warga sekitar. Yang paling menjadi daya tarik di sana adalah adanya kolam alami yang berwarna biru dan sangat jernih. Ternyata, air tersebut berasal dari sumber air dalam tanah.

Wisatawan yang ke Goa Hawang, banyak juga yang mencoba diving di dua buah lubangnya yang dihubungkan oleh sumber air bawah tanah. Jadi, kalau kamu mencoba divig dari satu lubang, kamu akan muncul kembali dan tembus menuju ke lubang selanjutnya.

Jangan lupa kunjungi Pemandian Alam Evu

Dekat dengan Goa Hawang, kamu bisa mampir ke Pemandian Alam Evu dan mandi di sana. Jika kamu sedang haid, sebaiknya nggak mandi di sana. Menurut warga sekitar, perempuan yang sedang haid berarti sedang kotor dan nggak diperkenankan untuk mandi di sana. Kalau dilanggar, kabarnya bisa kehilangan akal sehat.

Pengin datang ke Goa Hawang? Ayo pesan tiket pesawat dan hotel murah di Ambon lewat Pegipegi! Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah ke Ambon cari hotel murah di Ambon

Foto: Shutterstock

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

 

Comments

To Top