Tips

Menjadi traveler yang bertanggung jawab

Travelers, pernah nggak kamu liburan bareng orang yang bertingkah menyebalkan, berisik, masa bodoh, dan seenaknya saja membuang botol minuman di jalan? Pasti sangat menjengkelkan ya melihat tingkah mereka yang tidak bertanggungjawab. Entah kamu sedang plesiran di dalam atau pun di luar negeri, jadilah travelers yang mentaati peraturan dan beretika.

Bagaimana caranya? Nah kali ini Pegipegi mau kasih tips bermanfaat biar kita bisa jadi travelers yang menghormati budaya lokal. Simak ya!

grafiti di kuil mesir kuno

foto: www.huffingtonpost.com

Sebenarnya, arti dari travelers yang bertanggungjawab memang begitu luas. Bagi sebagaian orang, ini bisa berarti ikut membantu negara tertentu dengan mengunjungi tempat wisata mereka, atau menjadi turis dan tamu yang baik di negara yang dikunjungi.

Kamu mungkin pernah mendengar berita tentang kejadian di Florence Italia saat turis dari Amerika merusak jari-jari patung yang berumur 600 tahun. Tampaknya sih memang tidak disengaja alias kecelakaan tapi hasilnya bisa fatal. Atau kamu mungkin pernah membaca tentang seorang turis yang mem-posting sebuah photo secara online tentang grafiti di sebuah kuil kuno di Mesir. Disitu tertulis nama seorang remaja dari Cina yang menuliskan kata-kata ‘Ding Jinhao was here’ dalam huruf kanji Cina.

Dari dua kejadian di atas, ada satu pesan moral yang wajib kamu pahami, yaitu: jaga tanganmu agar tidak sampai merusak aset dan artefak kuno di tempat-tempat yang punya reputasi baik sebagai spot wisata di suatu negara.

Foto 2 Jadi Travelers Bertanggungjawab

Namun intinya adalah kamu harus menghormati budaya dari negara atau daerah yang kamu datangi. Untuk itu, sebelum berangkat tidak ada salahnya browsing informasi sebanyak-banyaknya di internet sehingga kamu tahu budaya yang dipahami masyarakat setempat. Kamu juga bisa tahu pakaian seperti apa yang mestinya dipakai saat mengunjungi tempat wisata tertentu. Dengan begitu kamu ikut menghormati budaya lokal, sejarah, dan adat-istiadat masyarakat lokal.

Kamu tidak harus tahu semuanya, namun setidaknya kamu paham dengan norma yang berlaku agar bisa membantumu merasa nyaman dan siap berinteraksi dengan penduduk lokal. Selain itu, tidak ada salahnya untuk tahu beberapa kalimat umum, seperti ‘hello’, ‘good bye’, ‘thank you’, dan kalimat-kalimat sederhana lain bila kamu berkunjung ke negara atau daerah tertentu.

Foto 3 Jadi Travelers Bertanggungjawab

Hal lain yang juga mesti kamu perhatikan adalah berhentilah membandingan sesuatu dengan apa yang ada di tempatmu. Sekarang kamu sedang liburan dan jauh dari rumah. Kamu sedang plesiran untuk membuka mata dan cakrawala dunia serta mengagumi bagian bumi lain yang sama sekali berbeda dengan segala budaya dan landscape-nya. Jadi kagumilah apa yang sedang ada dihadapanmu. Berbeda bukan berarti buruk dan jelek, kan? Kalau semuanya sama, itu berarti tidak ada petualangan dan tidak perlu liburan. Karena itu, nikmatilah suasana dan atmosfer dimana kamu sedang berpijak.

Foto 4 Jadi Travelers Bertanggungjawab

Kamu juga harus berlaku sopan dan beretika. Terkadang kita menghadapi masalah yang tidak terduga saat berada di suatu tempat wisata yang pada umumnya tentang bahasa. Entah karena kamu datang terlambat atau apa yang kamu sampaikan tidak dipahami masyarakat lokal. Karena itu, kamu mesti memperkirakan jauh-dekat suatu lokasi tempat wisata agar kamu tidak terlambat mengejar bus, kereta atau pesawat. Itulah pentingnya mencari informasi sebanyak-banyaknya agar kamu bisa membuat estimasi waktu. Bila kesulitan, kamu bisa bertanya pada warga lokal dengan bahasa yang sopan, bahasa lokal, dan tentu saja seringkas dan sesederhana mungkin.

gembok cinta

Ketika sedang ada di tempat wisata alam, museum, ataupun taman, jangan sekali-kali mengotori, menyentuh, ataupun membuat coretan untuk menandai kalau kamu pernah ada di tempat itu. Kecuali kalau memang tempat wisata yang kamu kunjungi menawarkan para pengunjung untuk meninggalkan jejak. Seperti misalnya di Italia yang menginjinkan pengunjung untuk melempar koin, atau di Korea Selatan yang mengijinkan pengunjung untuk menyimpan gembok tanda cinta pada sejoli yang sedang kasmaran.

Jadi, lihat dulu rambu-rambu dan budaya setempat agar kamu tidak merusak tempat wisata yang kamu kunjungi ya travelers.

 

Dapatkan promo-promo hotel terbaik minggu ini hanya di Pegipegi!

(Visited 307 times, 1 visits today)

Comments

Click to comment

Comments

To Top