Berita

Gerhana Bulan Total Terlama Akan Mampir ke Indonesia

Buat yang nggak ke mana-mana, weekend nanti ada fenomena menarik di langit Indonesia, lho. Yap, tepat pada 28 Juli, Indonesia bakal kebagian fenomena gerhana bulan total lagi, nih.

Nah, berbeda dari gerhana-gerhana sebelumnya. Kali ini, durasi gerhananya akan jauh lebih lama, sekitar 1h jam 43 menit. Prosesnya sendiri akan berlangsung selama enam jam.

Sebagai gambaran, puncak gerhana bulan paling lama berlangsung selama 30-60 meit saja. Dilansir dari situs TMJ4.com, gerhana bulan kali ini akan memecahkan rekor terlama sejak 100 tahun yang lalu.

Fenomena ini dapat terjadi karena posisi bulan berada di dekat orbit terjauh dari bumi. Sehingga, penampakan bulan akan terlihat lebih kecil daripada bentuk normalnya. Para ahlipun menamakan fenomena ini dengan sebutan micromoon.

Nggak cuma itu, faktor lain yang terjadi adalah bulan melintasi bayangan dari bumi tepat di tengah-tengah. Hal ini membuat durasi bulan berada di dalam kegelapan lebih lama daripada normalnya.

Indonesia Kebagian Penuh

Fenomena gerhana bulan terlama ini dapat disaksikan beberapa negara di Asia, Eropa dan Amerika Selatah. Indonesia pun menjadi salah satu negara yang bakal menyambut kedatangan fenomena ini.

Pemandangan cantik gerhana bulan ini dapat disaksikan dengan mata telanjang dari Sabang sampai Merauke. Untuk memaksimalkan pandangan, disarankan untuk menyaksikan di tempat tinggi dan terbuka.

Menariknya, fenomena gerhana bulan panjang ini baru akan kembali terulang pada 9 Juni 2123 mendatang, lho. Jadi, ini saatnya kamu menjadi saksi sejarahnya!

Sudah siap mau nonton gerhana bulan total? Sekalian liburan yuk! Pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto utama: ABC News

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top