Destinasi

Gereja Hati Kudus Yesus Palasari, Tempat Ziarah Ummat Katolik di Bali

Bali bukan hanya terkenal akan pantai dan puranya yang cantik. Namun, di sana kamu juga bisa berwisata religi dan budaya di Gereja Hati Kudus Yesus yang berlokasi di Dusun Palasari, Desa Ekasari, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana. Uniknya, gaya arsitektur gereja tersebut merupakan perpaduan antara gaya arsitektur Bali dan Katolik.

Jika kamu dari Denpasar, jaraknya sekitar 115 km atau sekitar 3 jam. Sedangkan jarak dari pelabuhan Gilimanuk sekitar 22 km. Gereja Hati Kudus Yesus dibangun tahun 1956 dan selesai dua tahun kemudian. Pada 13 Desember 1958, gereja diresmikan dan diberkati oleh Mgr Albers OCam.

Mayoritas penduduk Bali beragama Hindu. Namun di Palasari, Jembrana, mayoritas penduduknya beragama Katolik. Namun, mereka tetap memegang adat istiadat budaya lokal. Misalnya saat beribadah, mereka mengenakan pakaian adat Bali dan dalam setiap perayaan keagamaan mereka memasang penjor yang identik dengan perayaan agama Hindu.

Selain itu, nama penduduk setempat tetap menggunakan nama orang Bali umumnya seperti Nyoman, Ketut, Wayan, dan lain-lain. Ornamen-ornamen khas Bali juga menghiasi bangunan Gereja di Palasari dan Bali pada umumnya.

Di Gereja Hati Kudus Yesus Palasari terdapat Gua Maria Palasari yang bisa dimanfaatkan untuk berdoa sekaligus ziarah. Gua Maria Palasari dikenal juga dengan nama Palinggih Dewi Kaniaka Maria. Palinggih dalam Bahasa Bali berarti tempat suci. Sedangkan Dewi Kaniaka Maria adalah sebutan untuk Bunda Maria.

Palinggih Dewi Kaniaka Maria dibangun pada tahun 1962. Awalnya Gua Maria di Bali ini letaknya bersebelahan dengan Susteran OSF Palasari. Pada Desember 1983, Gua Maria dipindahkan ke dekat Monumen Pastor Simon Bois SVD, pastor pertama di Palasari. Gua Maria Palasari diresmikan dan diberkati pada 15 September 2008 oleh Duta Besar Vatikan untuk Indonesia, Mgr Leopoldo Girelli.

 

Nggak sabar kan pengin ke Gereja Hati Kudus Yesus Palasari? Ayo pesan tiket pesawat dan hotel murah di Bali lewat Pegipegi! Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah ke bali cari hotel murah di bali

Foto: Shutterstock

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

 

Comments

To Top