User Review

Gedung Pencakar Langit Ini Memiliki Sawah!

gedungsawah2

Inovasi memang tidak mengenal batas, termasuk dalam merancang konsep sebuah bangunan. Namun, pernahkah terlintas di pikiran travelers, untuk menanam padi di gedung pencakar langit, di kota Hongkong?

gedungsawah

Itulah yang ditunjukkan dalam rancangan Studio Cachoua Torres Camilletti, pada ajang 2014 World Architecture Festival di Tiongkok. Dikutip dari situs Thrillist, Bangunan ini berkonsep kota kecil dengan semua aktivitas sehari-hari dilakukan di dalamnya, termasuk menanam padi di sawah. Wow.

gedungsawah2

Dalam rancangannya, gedung ini memiliki 92 lantai, dan terbagi menjadi dua menara. Menara satu khusus untuk tempat tinggal penghuni, sementara menara lainnya untuk kegiatan komersil dan perkantoran. Sebuah jembatan akan menghubungkan kedua menara, lengkap dengan alat transportasi yang melewati sebuah jalur berupa tabung raksasa layaknya di film-film fiksi ilmiah.

gedungawah3

Travelers mungkin sudah bisa menebak, gedung ini akan mengusung konsep eco-friendly alias ramah lingkungan. Bangunan ini akan memiliki panel tenaga surya, penampung air hujan, kincir angin, tanaman merambat, pusat daur ulang, bahkan reaktor nuklir di bawah gedung!

gedungsawah3

Pembuatan sawah di bagian atas gedung ini menjadi fokus paling menarik perhatian, karena masih dianggap cukup mustahil, dan dipertanyakan efektifitas serta efisiensinya. Namun, tidak ada yang mustahil dalam perkembangan teknologi. Gedung ini masih berupa rancangan, travelers, tapi siapa yang tahu di masa depan petani bisa memanen padi di tengah kota Hongkong? Tentunya bakal jadi objek agrowisata unik ya!

(Visited 578 times, 1 visits today)

Comments

To Top