Kuliner

Gawat, Pemanasan Global Ubah Cita Rasa Kopi di Dunia!

Kamu penggemar berat kopi? Harap waspada. Isu pemanasan global ternyata punya pengaruh negatif yang cukup besar bagi perkebunan kopi di seluruh dunia.

Sebagai tanaman tropis, kopi memang dapat tumbuh pesat di bawah temperatur yang tinggi. Namun, bukan berarti kopi bisa tumbuh dengan sempurna di sembarang tempat dengan suhu panas.

Suhu bumi yang terus meningkat tiap tahunnya mengancam kualitas tanaman kopi di negara tropis. Sebut saja Brazil, Kolombia hingga Indonesia yang dikenal dengan varian biji kopi terbaik di dunia.

Bahkan, sebuah laporan yang dihimpun oleh Popular Science cukup bikin merinding. Laporan tersebut menyebutkan bahwa produksi kopi di negara tersebut bakal berkurang hingga 50 persen pada 2050 mendatang.

Perubahan Aroma dan Rasa

Hal utama yang paling besar terkena dampak pemanasan global adalah aroma dan rasa. Berkat pemanasan global, tanaman kopi mengalami situasi bernama terroir,  situasi di mana lingkungan dapat mengubah rasa.

Ketika hal ini terjadi, biji kopi luwak di Jawa Timur bakal terasa beda dengan apa yang hadir di Jawa Tengah. Begitupula dengan varian Arabica Brazil mungkin bisa terasa lebih hambar ketimbang di Indonesia.

Ancaman tersebut nyatanya tengah terjadi di Ethiopia. Setengah dari perkebunan kopi di negara tersebut diklaim rusak dan sudah nggak layak ditanami kopi dalam beberapa waktu ke depan.

Jadi, jangan heran jika dalam waktu dekat kamu harus membayar lebih mahal untuk secangkir kopi untuk mendapatkan kualitas rasa yang original.

Solusi Terbatas

Bagi para ilmuwan, pemanasan global mustahil untuk dihentikan. Namun, ada berbagai solusi yang bisa dilakukan demi menyelamatkan tanaman kopi dari marabahaya.

Salah satunya dengan cara memindahkan perkebunan kopi ke tempat yang lebih tinggi. Dengan mengubah variasi penanaman, kemungkinan kamu dapat menunda perubahan rasa kopi semakin besar.

Tentu ruang gerak kita akan teratas terbatas lantaran proses tersebut nggak cuma memakan waktu, tetapi juga biaya. Lantaran, nggak sembarang tempat dengan ketinggian tertentu dapat menghasilkan biji kopi yang sempurna.

Namun, semuanya kembali ke pribadi masing-masing. Apakah, sebagai penikmat kopi, kita sudah merasa peduli dengan lingkungan atau belum? Biar waktu yang menjawab.

Daripada pusing mikirin kopi, mending liburan! Yuk, segera rencanakan liburanmu dengan pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

.

Comments

To Top