Destinasi

Garut, Pesona Kota Diantara Lima Gunung

Kawah Papandayan

Ingin jalan-jalan dengan dana terbatas? Kali ini Pegipegi akan mengajak kamu untuk mengunjungi Kota Garut, yaitu sebuah kota di Provinsi Jawa Barat yang menyimpan keindahan panorama berkat letak geografis yang dikelilingi lima gunung, yaitu Gunung Guntur, Gunung Galunggung, Gunung Papandayan, Gunung Telaga Bodas dan Gunung Cikuray. Selain panorama alam, kamu bisa mengamati dan mempelajari kebudayaan Sunda, melalui pertunjukan seni tradisional maupun berinteraksi secara langsung dengan masyarakat setempat.

Berikut adalah sejumlah tempat wisata di Garut yang kami rekomendasikan dan dirangkum berdasarkan beberapa sumber :

Air Terjun Curug Orok

Garut-air terjun

Air terjun Curug Orok terletak di wilayah Gunung Papandayan, Kecamatan Cikajang, Garut. Di sini udara segar bisa kamu hirup sepuasnya, setelah sepanjang hari terkontaminasi polusi udara perkotaan. Air terjun yang terbentuk berkat proses alam ini ramai dikunjungi oleh turis lokal di sekitar Kota Garut, misalnya Jakarta, Bandung atau Bogor. Bahkan ada pula wisatawan dari luar propinsi. Kamu bisa duduk-duduk disini atau berendam di dalam air yang segar untuk melepas lelah akibat rutinitas. Air Terjun Curug Orok juga dilengkapi dengan camping ground dengan view indah, pasti membuat kamu jadi ogah pulang ke rumah.

Kawah Gunung Papandayan

Kawah Papandayan

Kalau kamu pernah pergi ke Gunung Bromo di Jawa Timur pasti nggak asing lagi dengan pemandangan khas kawah gunung berapi. Kawah Gunung Papandayan yang terletak di wilayah Kecamatan Cisurupan memang masih aktif. Jadi buat kamu yang ingin berlibur sambil belajar tentang gunung api, di sinilah tempatnya!

Adu Domba Tahunan

Adu domba yang ini tak akan bikin kamu khawatir karena benar-benar mengadu dua ekor domba untuk mengetahui domba milik siapa yang paling jagoan. Event yang diadakan sekali setahun ini melibatkan seluruh peternak domba di Kabupaten Garut, dan berhasil jadi salah satu alasan mengapa seorang turis lokal maupun manca ingin mengunjunginya. Kedua domba akan bertarung dengan diiringi alunan musik tradisional, sedikit mirip Karapan Sapi di Pulau Madura.

Taman Satwa Cikembulan

Kamu suka binatang dan ingin mempelajari lebih dalam tentang sifat-sifat satwa? Coba kunjungi Taman Satwa Cikembulan di Kecamatan Kadungora. Lokasi wisata yang berada di wilayah Situ Cangkuang memiliki 149 satwa dari 40 spesies, beberapa diantaranya merupakan satwa langka dan dilindungi oleh pemerintah. Taman Satwa Cikembulan dibangun sesuai dengan kebutuhan masing-masing satwa, dan disini kamu tidak akan menemui satwa yang dikurung seperti kebun binatang pada umumnya. Fasilitas di Taman Satwa Cikembulan cukup lengkap, yaitu penginapan, rumah makan, dan ada pula gedung pertemuan berkapasitas 100 orang.

Arung Jeram di Sungai Cimanuk

sungai-cimanuk3

Kalau sedang bosan dengan aktifitas liburan yang begitu-begitu saja, coba naikkan adrenalin kamu dengan mengikuti paket wisata arung jeram di sekitar Sungai Cimanuk. Nggak perlu khawatir seandainya kamu tak punya pengalaman arung jeram sama sekali. Seorang instruktur akan mengarahkan kamu dan kawan-kawan tentang bagaimana mengendalikan perahu karet dan kamu harus benar-benar disiplin mengikuti arahannya. Melamun sebentar bisa fatal akibatnya. Perahu yang kalian tumpangi bisa saja terbalik saat menabrak batu besar. Apalagi arus sungai sangat deras di musim hujan seperti sekarang.

Nah, travelers, siapkan backpackmu dan mari kita berangkat ke Garut sekarang juga!

(Visited 431 times, 1 visits today)

Comments

Click to comment

Comments

To Top