Kuliner

Ganjal Perut dengan Kuliner Khas Bogor

Seperti halnya Bandung, Bogor dikenal memiliki kekayaan kuliner yang beragam. Bagi pecinta kuliner, Bogor menjadi alternatif untuk memenuhi hasrat akan makanan. Ada beberapa kawasan di Bogor yang identik dengan kuliner Bogor.

Jenis makanan yang disediakan pun sangat beragam. Mulai dari jajanan pinggir jalan, warung tenda hingga restoran memiliki keunikan rasanya sendiri. Bagi travelers yang ingin mencoba, berikut beberapa pilihan kuliner yang bisa kamu cicipi saat bepergian ke sana:

Rumah Cupcakes

rumah-cupcakes-c-175

Memanfaatkan sebuah rumah tua peninggalan zaman kolonial, Rumah Cupcake  menyuguhkan berbagai menu cake dan roti cup. Kalau rasa, jangan ragu deh. Beberapa rasa unik dan tak lazim tersedia di Rumah Cupcake ini. Beberapa rasa yang terbilang jarang yaitu  rasa Cashew Buttercream (kacang mete) dan rasa Black Forest . Namun Rumah Cupcake juga menyuguhkan cupcake dengan rasa lain. Selain itu, Rumah Cupcakes juga menyuguhkan suasana yang menyenangkan. Silakan coba di Jalan Sanggabuana 4, Bogor yang buka setiap hari, pukul 07.00 – 22.00 WIB.

Momo Milk

momomilk-11

Bogor yang dikenal dengan sebutan Kota Hujan, tentu menjadi lokasi terbaik untuk minum susu. Salah satu kedai susu ternama yang spesialisasinya menyuguhkan minuman bertemakan susu adalah Momo Milk. Menunya pun bermacam-macam, mulai dari susu segar sampai milkshake dengan berbagai pilihan rasa tersedia di tempat ini. Bertempat di Taman kencana Bukit Tunggul No.11, kedai ini buka setiap hari pukul 10.00 – 22.00 WIB. Konsep peternakan yang disuguhkan makin membuat pengunjung terasa kerasan menyeruput segelas susu di kedai ini.

Bir Kocok

bir kocok

Namanya mungkin jarang terdengar apalagi untuk telinga warga Jakarta. Tetapi Bir Kocok sudah terkenal di Bogor sejak lama. Bahkan Bir Kocok yang dibuat dari rempah-rempah seperti kayu manis, jahe, cengkeh, dan gula aren ini adalah salah satu minuman khas Bogor. Ada cerita unik di balik nama Bir Kocok itu sendiri. Cara pembuatan minuman tersebut yang menjadi cikal bakal nama Bir Kocok. Minuman ini dikocok, kemudian buih busa yang mirip minuman beralkohol muncul dan disajikan di dalam tabung dan dilengkapi dengan es batu. Ingin coba? Datangi saja Gang Aut Suryakencana, di mana pedagang kaki lima menyiapkan suguhan unik ini.

Cungkring

sate cungkring

Cungkring tentunya awam terdengar bagi warga di luar Bogor. Namun bagi warga setempat, cungkring berarti kikil. Makanan ini terdiri dari potongan kikil dan bagian kepala sapi yang dimasak dengan bumbu kuning. Belum cukup dengan itu, potongan tersebut kemudian diguyur dengan bumbu kacang. Kalau travelers ingin merasakan sensasi cungkring, bisa datangi pinggir jalan utama jalan utama Gang Aut, Jl Surya Kencana.

Asinan Jagung Bakar

AsinanJagungBakar

Asinan pada umumnya berisi buah dan sayuran, tetapi di Bogor ada asinan yang lain daripada umumnya. Asinan jagung bakar pantas dicoba saat kita mengunjungi Kota Hujan. Asinan jagung bakar ini terdiri dari jagung sebagai bahan utama, kemudian jagung tersebut dicampur dengan kuah unik. Meski berbeda, rasanya tidak terlalu jauh dari asinan pada umumnya. Rasa segar yang disertai manis dari jagung membuat panganan ini disukai oleh warga Bogor. Asinan jagung bakar ini bisa kamu temui di Gang Roda Surya Kencana, umumnya para pedagang kaki lima menjajakan makanan ringan ini.

Bapatong

Namanya memang aneh, Bapatong. Tetapi warga Bogor sudah mengenal makanan ini sejak lama. Bapatong sendiri merupakan bakso kupat gentong. Meskipun ada bakso dalam makanan ini, cara penyajiannya jauh berbeda dengan bakso. Disajikan dengan ketupat yang dipotong dadu dan tambahan daging sebagai pelengkap rasa, bapatong adalah makanan yang menggugah selera. Salah satu kelebihan dalam makanan ini adalah ketupatnya yang sangat lembut dan sangat serasi dimakan dengan kuahnya. Ingin menikmati seporsi Bapatong, coba saja datang ke Jalan Pangrango No 1, Bogor, setiap pukul 09.00-21.00 WIB.

 

Wah, jadi tergoda nih untuk nyobain kuliner di atas. Yuk cari info tentang hotel-hotel nyaman di Bogor buat liburan mendatang!

 

 

(Visited 1,018 times, 1 visits today)

Comments

1 Comment

Comments

To Top