Kuliner

Filosofi Mangkok Ayam Jago Merah di Kuliner Indonesia

Ketika kamu jajan bakso atau bakmi di kedai atau pinggir jalan, biasanya si pedagang menggunakan mangkok ayam jago merah. Kini, simbol ayam jago merah juga semakin berkembang, bukan hanya di mangkuk, namun juga di piring, gelas, tempat sambal, dan lain-lain. Kita pun semakin mudah menemukan peralatan makan bergambar ayam jago merah. Kali ini Pegipegi pun mengajak travelers untuk mengetahui simbol ayam jago merah yang legendaris ini!

Berasal dari budaya Tiongkok

Hingga kini, belum jelas kapan pertama kali mangkok bergambar ayam jago merah masuk ke Indonesia. Mangkok ini bisa masuk ke Indonesia melalui jalur perdagangan ketika para pedagang dari Tiongkok menyebar ke wilayah Asia Tenggara, salah satunya Indonesia. Namun, ada juga pendapat lain yang mengatakan bahwa mangkuk ayam jago merah berasal dari Thailand.

Sosok ayam jago merah yang ada di mangkuk adalah ayam hutan Gallus yang sudah diternak sejak tahun 8.000 SM. Gambar ayam jago merah diduga sebagai simbol kemakmuran dan sudah ada sejak zaman Dinasti Ming. Diharapkan dengan memakai mangkuk tersebut, rezeki akan dilancarkan saat berdagang. Sepertinya, hal ini juga berhubungan dengan pepatah yang mengatakan bahwa kita harus bangun pagi supaya rezeki tidak dipatuk ayam.

Jangan sembarangan menduplikasi

Meskipun sudah melegenda dan sering dipakai untuk berdagang hingga kebutuhan fashion, namun lukisan ayam jago merah ternyata adalah sebuah merek dan ada pemiliknya. Jadi, kamu tidak bebas menduplikasi gambar ayam jago merah tersebut.

PT Lucky Indah Keramik merupakan produsen keramik lukisan ayam jago merah sudah mengedarkan Sertifikat Pendaftaran Merek nomor IDM00366635 dalam kelas 21 yang meliputi barang-barang piring, mangkuk, basi, tea set, tatakan cangkir, gelas, dan lain-lain. PT Lucky Indah Keramik menjadi satu-satunya pihak yang memiliki hak untuk memproduksi, mempergunakan, dan memperdagangkan merek lukisan ayam jago merah dalam bentuk mangkok dan sebagainya. Jika hal ini dilanggar, akan ada sanksi berupa denda dan pidana.

 

Jadi, kalau kamu mampir ke kedai makanan yang menggunakan mangkok ayam jago merah, jangan lupa foto-foto di sana, ya! Soalnya, mangkok klasik ini tidak akan hilang dimakan waktu! Yuk, cobain kuliner enak di Indonesia dengan pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top