Event & Festival

Festival Terbaik di Bulan Oktober

Berbagai negara di seluruh dunia menyambut Oktober dengan ragam cara, salah satunya melalui festival olahraga, budaya maupun keagamaan.  Tengok yuk festival apa saja yang digelar sepanjang Oktober di seluruh dunia!

Thailand

Event: Festival Vegetarian

phuket-vegetarian-festival-2012_2

Setiap sembilan hari pertama di bulan kesembilan pada kalender Cina (akhir September atau awal Oktober), warga kota Phuket di Thailand merayakan Festival Vegetarian yang meriah. Festival ini dirayakan oleh komunitas Tionghoa yang tinggal di Phuket untuk menandai awal Puasa Tao, di mana penganut kepercayaan Taoisme berpuasa dari makan daging maupun produk daging. Bukan itu saja, beberapa partisipan akan melakukan aksi ekstrem dengan ‘menyakiti’ tubuh mereka sebagai bentuk pemujaan terhadap Tuhan. Jangan kaget kalau kamu melihat laki-laki maupun perempuan menusuk bagian-bagian tubuh mereka, terutama pipi, dengan pisau, obeng atau benda-benda tajam lainnya.

Swiss

Event: Combat des Reines (Pertarungan Para Ratu)

Combat_reine

Setiap pekan pertama bulan Oktober, daerah Valais di Swiss menggelar festival olahraga yang terbilang unik. Pada festival ini, sejumlah sapi pilihan akan diadu untuk menentukan ‘ratu’ dari kumpulan ternak itu. Tapi, tenang saja travelers, tidak ada korban jiwa dari festival ini. Karena itulah kelompok penyayang binatang tidak memprotes festival ini.

Libya

Event: Festival Kurma Ghadames

5282815851_837cda2f24_z-1

Warga kota tua Ghadames di Libya melakukan ritual menarik selama tiga hari di bulan Oktober. Pada akhir hari panen di Ghadames, warga dari seluruh penjuru Libya akan datang ke kota tua itu dan merayakan panen sambil memakan buah kurma. Penduduk Ghadames siap menyambut kerabat dan keluarga mereka dari luar kota serta merayakan festival dengan bernyanyi dan menari beramai-ramai.

Irlandia

Event: Festival Mak Comblang

Lisdoonvarna 069

Sejak Jumat terakhir di bulan Agustus hingga Minggu pertama Oktober, warga lajang Lisdoonvarna, Irlandia, menjadi ‘raja’. Itu berkat tradisi basadoiri (mak comblang) yang selalu digelar setiap tahun di desa berpopulasi 1000 jiwa ini. Warga Lisdoonvarna akan membantu mereka yang masih lajang untuk mencari jodoh lewat berbagai acara sosial yang diadakan sepanjang festival, termasuk pacuan kuda amatir dan pekan musik country.

Jerman

Event: Balap Bebek

qo9311

Jangan salah, warga Baden-Wurttemberg, Jerman, bukannya memaksa bebek peliharaan mereka untuk adu cepat dengan bebek lain. Bebek yang dilombakan di sini adalah bebek plastik yang biasa menjadi mainan anak-anak saat mandi. Meski begitu, festival unik ini hampir selalu ramai oleh pengunjung lho. Mereka bersemangat menyaksikan sekitar 7000 bebek plastik ‘adu cepat’ di Sungai Neckar.

Kyoto

Event: Jidai Matsuri

jidai-matsuri10

Pada 22 Oktober nanti, kota Kyoto akan menggelar Jidai Matsuri atau parade sejarah di mana para penduduk kota menggunakan pakaian kuno mulai dari tahun 794, ketika Kyoto sempat menjadi ibukota Jepang hingga 100 tahun berikutnya. Di sini kamu bisa melihat berbagai kostum kuno mulai dari kimono di Era Heian sampai seragam militer pada Era Meiji.

India

Event: Festival Diwali (Festival Cahaya)

diwali

Setiap hari ke-15 penanggalan India di bulan Kartika (sekitar Oktober atau November), warga India seluruh dunia merayakan kelahiran Krisna serta kemenangan Rama atas Rahwana. Warga India penganut agama Hindu akan menyalakan lampu minyak untuk membimbing Rama dari pengasingan. Mereka juga akan menyalakan kembang api karena diyakini bisa mengusir roh-roh jahat.

Amerika Serikat

Event: Halloween

HARVARD-STUDENTS-CELEBRATE-HALLOWEEN

Kemeriahan Halloween kini dirayakan di banyak negara, termasuk kota-kota besar di Indonesia. Festival ini dirayakan oleh penganut Kristiani untuk mengingat roh-roh para Santo ataupun martir. Selain mengenakan kostum menarik, perayaan Halloween juga ditandai dengan memasang hiasan labu yang dibentuk menyerupai Jack-o-Lantern, saling bercerita kisah horor hingga mendatangi rumah-rumah untuk ritual trick or treat.

(Visited 589 times, 1 visits today)

Comments

Click to comment

Comments

To Top