Event & Festival

Festival Tambora, Momen Peringatan dan Perayaan Masyarakat Sumbawa

Bulan April menjadi bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh masyarakat Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Pasalnya, di bulan ini sebuah perhelatan bertajuk “Festival Pesona Tambora” atau yang dikenal dengan “Festival Tambora” digelar secara rutin setiap tahunnya. Festival ini diadakan untuk memeringati meletusnya Gunung Tambora yang terjadi pada tahun 1815 silam, sekaligus merayakan HUT Kabupaten Dompu yang jatuh pada tanggal 11 April.

Sejak pertama kali diselenggarakan di tahun 2015, festival yang semula bernama “Tambora Menyapa Dunia” ini memang sudah memiliki daya tarik tersendiri, tidak hanya bagi masyarakat sekitar tapi juga wisatawan. Selain memberikan edukasi mengenai sejarah erupsi dahsyat yang terjadi di Gunung Tambora, acara ini juga memamerkan kegiatan pentas seni, budaya, hingga olahraga.

Hal tersebut yang kemudian membuat Presiden Joko Widodo menghimbau agar festival ini bisa diadakan secara rutin dan menjadi salah satu cara mempromosikan wisata Nusa Tenggara Barat, khususnya Kabupaten Bima dan Dompu. Nggak heran, pada tahun 2016, rangkaian acara Festival Tambora pun semakin beragam dan menarik untuk diikuti.

Gelar Ragam Kegiatan Menarik

Dimulai dari Tambora Running sebagai acara utama, lalu Tambora Bike Camp, Tambora Literary, Festival Film, pameran seni rupa, Trail Adventure, pesta kuliner daerah, pameran produk kopi unggulan Tambora, kegiatan Klik Fotografi, hingga pasar rakyat juga turut memeriahkan festival yang berpusat di Sabana Doro Ncanga ini.

Meski tak banyak berubah dari sisi acara, Festival Tambora di tahun 2017 melibatkan peserta yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Jika di tahun 2015 dan 2016 peserta hanya masyarakat dari beberapa kabupaten saja, menariknya di tahun 2017 seluruh kabupaten/kota yang ada di Pulau Sumbawa turut berpartisipasi meramaikan festival tersebut.

Yang Khas di Tahun 2018

Memasuki tahun keempat ini, Kementerian Pariwisata kembali menggelar Festival Tambora dengan rangkaian acara menarik yang dimulai dari tanggal 1-11 April 2018. Acara diawali dengan Festival Mantar di Kabupaten Sumbawa Barat, Semalam Dalam Loka di Sumbawa, Festival Lawata di Kota Bima, Festival Teluk Bima di Kabupaten Bima, dan acara puncak Festival Tambora di Kabupaten Dompu.

Sementara itu, beberapa kegiatan yang meramaikan festival ini diantaranya, Barapan Ayam, Tano Run, Tambora Challenge lari 320 kilometer, pentas seni tradisional, pameran benda-benda bersejarah NTB, Sakosa Bike Tour, Jelajah Alam Tambora, Festival Perahu, Tambora Coffee Test, dan masih banyak yang lainnya.

Sedangkan di puncak acara, Festival Tambora akan dimeriahkan dengan penampilan tari kolosal Nggahi Rawi Pahu, lantunan lagu Tambora Menyapa Dunia, Kampung Kuliner, hingga penampilan dari artis ibu kota. Selain itu, kamu juga akan diajak menikmati pesona Gunung Tambora dan beberapa destinasi wisata eksotis lainnya, seperti Pulau Moyo, Pulau Nisa Pudu, dan Pulau Satonda yang siap memanjakan mata kamu.

Yuk, kita ramaikan Festival Tambora 2018! Nah, sekalian liburan di Sumbawa, ayo pesan tiket pesawat dan hotel murah di Sumbawa lewat Pegipegi. Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah ke sumbawa cari hotel murah di sumbawa

Foto: Kemenpar Dok.

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top