Event & Festival

Festival Durian Lolong, surganya para pecinta durian!

Kamu pecinta durian? Dijamin bakal hepi banget di Festival Durian Lolong yang digelar di Desa Lolong, Kabupaten Pekalongan ini, karena ada 10.000 buah durian dari berbagai varietas yang bisa kamu coba. Pokoknya, pesta duren banget deh!

Screenshot 2015-03-05 18.53.24

foto: gulalives.com

Festival Durian Lolong adalah agenda tahunan yang rutin diselenggarakan oleh pemerintah daerah Pekalongan sejak tahun 2009 lalu. Selain untuk mempromosikan keunggulan produk pertanian, perkebunan sekitaran desa setempat, acara ini sekaligus bertujuan untuk melindungi para petani.

Tahun ini, Festival Durian Lolong akan diselenggarakan pada Minggu, 8 Maret 2015. Dari tahun ke tahun, festival ini makin banyak dikunjungi, lho. Bahkan di tahun ini, beberapa duta besar negara sahabat seperti Amerika Serikat, Libya, Kazakhtan, Afganistan, dan negara di Timur Tengah akan hadir.

Acara utama festival ini, tentu saja makan duren rame rame! Namun, untuk pembukanya ada arak-arakan durian unggul yang dimulai pada pukul 07.00 dengan peserta dari berbagai wilayah penghasil buah durian. Nantinya, kualitas durian durian ini akan diadu oleh para dewan juri dan tamu undangan, untuk mencari durian yang paling berkualitas dan menjadi favorit.

Screenshot 2015-03-05 18.49.28

foto: smpn1karangdadap.sch.id

Selain arak-arakan durian, juga akan ada pertunjukan lain, travelers! Berbagai tarian & musik tradisional seperti kuda lumping dan angklung, siap memeriahkan acara. Kurang suka musik tradisional? Tenang, ada drumband yang dibawakan masyarakat Kota Santri dan musik dangdut yang siap menghibur!

Yang harus kamu catat: di festival tahun ini, panitia mematok harga tiket masuk Rp 85.000 untuk ditukar dengan satu paket durian, ada yang berisi 3 ataupun 5 buah, dan siap kamu santap baik sendirian maupun bersama keluarga. Kamu juga bisa mendapatkan durian dan buah buahan hasil perkebunan lain di rumah warga ataupun tenda – tenda yang memamerkannya, sepanjang jalan menuju lokasi.

Setelah asyik berpesta duren ria, kamu juga bisa menikmati cantiknya pemandangan alam sekitar ataupun mencoba arung jeram di sepanjang sungai di Desa Lolong. Nah, asyik kan? Jangan lupa foto – foto dan dimention ke akun twitter @pegi_pegi saat kamu ke sana, ya!

(Visited 972 times, 1 visits today)

Comments

To Top