Event & Festival

7 alasan kamu harus datang ke Festival Bunga Tomohon

festival-bunga-tomohon

Travelers, kamu pernah dengar tentang Festival Bunga Tomohon? Memang sih, belum se-populer festival bunga sakura di Jepang atau bunga Tulip di Belanda. Tapi sejak digelar rutin, kini warna-warni berbagai macam bunga di Kota Tomohon bisa kamu intip kecantikannya. Nggak cuma orang Indonesia saja yang terkesima dengan berbagai macam bunga yang dipamerkan dalam pawai mobil, banyak juga lho turis mancanegara yang terpana dengan keindahannya. Lantas, apa sih yang bikin Festival Bunga Tomohon istimewa?

festival-bunga-tomohon

foto : yudasmoro.net

  1. Tomohon adalah kota penghasil bunga terbesar di Indonesia

Tahu nggak? Ternyata kota Tomohon adalah salah satu penghasil bunga terbesar di Indonesia. Jadi nggak heran ya kalau kota ini pede banget menyelenggarakan Festival Bunga Tomohon karena sumber daya alamnya sangat mendukung. Tanah yang subur, udara yang sejuk serta tempatnya yang masih alami membuat bunga yang ditanam bisa berkembang dengan maksimal. Dan di acara Festival Bunga Tomohon-lah travelers bisa mencium dan menikmati pesonanya.

 

  1. Festival Bunga Tomohon selalu dinanti

Hati siapa yang tidak mendadak ceria kalau lihat warna-warni bunga yang diarak dalam mobil yang didekorasi begitu menawan. Semua orang pasti langsung takluk dan tidak perlu waktu lama untuk menjepretnya dengan kamera. Festival bunga Tomohon ini punya kelas dunia jadi nggak cuma orang lokal saja yang datang, tapi banyak juga bule-bule yang menyesaki kanan kiri jalan di sepanjang rute festival untuk menyaksikan indah dan harumnya bunga-bunga di Tomohon.

 

  1. Festival Bunga Tomohon bikin kota ini mendunia

Kalau kamu berasal dari Indonesia bagian barat, barangkali ini pertama kalinya dengar tentang Tomohon. Benar ‘kan? Awalnya, kota Tomohon memang tidak populer dan mungkin kamu nggak kenal dengan kota yang satu ini. Tapi Kota Tomohon yang ada di Sulawesi Utara mendadak tenar setelah dilangsungkan Tomohon International Flower Festival pada tahun 2008. Gaungnya pun langsung melesat tinggi. Pada tahun 2015 ini, Festival Bunga Tomohon dilangsungkan pada tanggal 8 – 12 Agustus dan sukses besar menyedot wisatawan lokal dan mancanegara.

 

  1. Partisipan Festival Bunga Tomohon dari berbagai negara

Travelers, ternyata peserta Festival Bunga Tomohon nggak hanya dari daerah-daerah di Indonesia, tapi ada negara-negara lain yang pengin menyemarakan acara tahunan ini. Ada yang dari Polandia, Perancis, Amerika Serikat, Selandia Baru, India dan Filipina. Bisa dibayangkan gimana semaraknya acara ini. Masing-masing negara pasti pengin unjuk gigi dengan menampilkan dekorasi se-sempurna mungkin dalam Festival Bunga Tomohon.

 

  1. Parade Bunga dalam Festival Bunga Tomohon

Negara-negara yang jadi peserta Festival Bunga Tomohonan mendekorasi mobil-mobil besar dengan bunga berwarna-warni. Acara ini jadi tontonan gratis buat masyarakat lokal dan turis yang lagi plesiran ke Tomohon. Jumlah mobil yang diarak sekitar 30-an dan semuanya bakal berparade di jalan-jalan utama Kota Tomohon. Temanya juga bermacam-macam, mulai dari Pameran Bunga/Hortikultura, Kontes Ratu Bunga buat gadis-gadis belia dari berbagai daerah yang berbakat dan suka bunga, dan Tournament of Flowers alias pawai bunga. Ini bener-bener acara langka, jadi masyarakat setempat antusias banget.

 

  1. Hiburan gratis lain dalam Festival Bunga Tomohon

Ternyata eh ternyata, Festival Bunga Tomohon nggak hanya arak-arakan mobil yang dihias dengan bunga. Tapi travelers yang datang juga akan dihibur dengan marching band dan lari 10 km di kawasan Danau Tomohon Linow. Acara ini rame banget dan bikin kamu betah lho. Apalagi suasana di kota ini sejuk banget. Nggak usah heran ya karena Tomohon adalah kawasan pegunungan, jadi udaranya masih bersih dan fresh.

 

  1. Jangan lupa wisata kuliner saat Festival Bunga Tomohon

Ingat ‘kan dengan pepatah ‘Jangan pulang sebelum mencicipi makan khas daerah saat liburan’? Begitu juga kalau kamu lagi ada di Tomohon. Kamu bisa lakukan baik sebelum atau pun sesudah Festival Bunga Tomohon. Bisa jajan dengan datang langsung ke pasar tradisional atau masuk restoran buat mencicipi kuliner lokal.

 

Nah travelers, kalau acara Festival Bunga Tomohon tahun ini terlewat, kamu masih bisa menunggunya hingga tahun depan kok. Yang paling penting, rencanakan dulu liburanmu ke Tomohon biar kamu bisa menikmati serunya Festival Bunga Tomohon yang sudah mendunia.

(Visited 695 times, 1 visits today)

Comments

To Top