Event & Festival

Siapkan backpackmu buat Festival Bahari Alor 2015

Festival-Bahari-Alor

Ini dia event besar yang wajib kamu hadiri kalo kamu ngerasa dirimu petualang sejati, travelers. Festival Bahari Alor akan dimulai beberapa hari lagi dan kamu harus bersiap-siap mulai sekarang. Siapin ransel, atur jadwal, skedulkan ulang janji pertemuanmu dengan klien atau dosen karena Festival Bahari Alor belum tentu diadakan lagi tahun depan. Kapan lagi kamu bisa berpetualang di pantai-pantai keren yang masih perawan sambil mempererat tali silaturahmi dengan sesama travelers dari Indonesia dan mancanegara?

Festival-Bahari-Alor

foto : waspada.co.id

Alor, pulau cantik yang pemalu

Nggak tau Alor ada di mana? Ah, kebangetan! Tapi baiklah, Pegipegi akan jelaskan tentang Pulau Alor sedikit supaya kamu tau kenapa pulau yang termasuk dalam wilayah Propinsi Nusa Tenggara Timur ini sangat istimewa.

Pulau Alor adalah surga bagi mereka yang mengagumi keindahan alam bawah laut dan memiliki rasa ingin tahu yang besar terhadap kekayaan budaya Nusantara. Pulau ini dikelilingi pantai-pantai berpasir putih dan air laut yang jernih dengan aneka kedalaman warna biru, mulai biru tua, biru kehijauan dan biru tua. Ada 18 titik penyelaman di sekitar Pulau Alor dan semuanya menjadi favorit para diver dari mancanegara. Daratan Pulau Alor dihuni oleh penduduk yang ramah dan sederhana. Nenek moyang mereka meninggalkan sebuah Al Quran yang ditulis di atas kulit kayu dan telah berusia 800 tahun. Sungguh menakjubkan melihat relijiusitas masyarakat lokal yang juga masih memegang teguh tradisi dan adat istiadat.

Salah satunya adalah Kampung Takmala yang masih mempertahankan penataan rumah penduduk seperti saat pertama kali kampung ini didirikan ratusan tahun silam. Selain itu kamu juga bisa meninggalkan jejakmu di Pulau Alor dengan menanam pohon di Hutan Nostalgia, mendaki Gunung Koya-Koya dan menyegarkan diri di Desa Air Panas dan Air Terjun Pulau Pantar yang letaknya ngga jauh dari Pulau Alor.

See, udah tau kan alasan kenapa kamu wajib datang di Festival Bahari Alor tahun ini?

Festival Bahari Alor wujud rasa syukur pada Sang Pencipta

Festival Bahari Alor sejatinya adalah event yang diinisiasi oleh pemerintah pusat dan setempat bersama kalangan penggerak pariwisata di Tanah Air. Festival ini akan diadakan pada 16-18 September 2015 dan diprediksi mampu menarik 200 wisatawan, baik dari dalam maupun luar negeri. Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, saat ini sebagian peserta Festival Bahari Alor telah memastikan kehadiran mereka dan mereka berasal dari berbagai negara di dunia seperti Belanda, Thailand, Vietnam, Australia, Singapura dan banyak lagi.

Rencananya, para peserta Festival Bahari Alor akan diikutsertakan dalam berbagai kegiatan wisata petualangan seperti kemping, bersepeda, trekking, menyelam, berkuda, fotografi dan tur budaya ke desa-desa tradisional di sekitar Pulau Alor. Selain kegiatan adventure, panitia penyelenggara juga menyiapkan empat acara utama Festival Bahari Alor yang bertujuan untuk memperkenalkan potensi budaya Pulau Alor dan mempererat tali komunikasi antar travelers. Siapa tau kamu bisa ketemu jodoh di sini, travelers.

Acara pertama adalah upacara adat Pou-Hari, semacam upacara melarung sesaji ke laut yang juga dipraktekkan di beberapa tempat di Pulau Jawa, sekaligus sebagai tanda dimulainya Festival Bahari Alor. Upacara ini ditujukan sebagai ucapan syukur masyarakat Alor kepada Sang Pencipta karena setiap bulan September arus dingin dari Samudra Indonesia membuat ratusan ikan terdampar, seolah-olah sengaja dikirim untuk penduduk Pulau Alor dan keluarganya.

Pada event Gala Soro, para peserta Festival Bahari Alor akan disuguhi parade kapal perang tradisional yang jumlahnya sekitar 100 buah dan semuanya buatan masyarakat Alor sendiri, travelers. Kamu sepertinya perlu bawa kamera underwater juga karena agenda ketiga Festival Bahari Alor adalah lomba fotografi bawah laut dan disediakan hadiah menarik buat para pemenangnya. Rangkaian acara Festival Bahari Alor rencananya akan ditutup dengan Gala Dinner, di mana kamu bisa mencicipi lezatnya kuliner khas Pulau Alor bersama peserta lainnya.

Tunggu apa lagi, ayo buruan hubungi Pegipegi sekarang buat dapetin tiket pesawat ke Kupang, NTT dan memesan kamar hotel nyaman namun terjangkau di Pulau Alor dan sekitarnya.

(Visited 201 times, 1 visits today)

Comments

To Top