Berita

Fenomena unik Air Terjun Telun Berasap di Jambi

Travelers, masih ingat nggak dulu waktu masih kecil kita pasti heboh kalo di langit tahu-tahu muncul pelangi? Pegipegi juga seneng banget waktu kemaren lagi jalan sore-sore trus pas liat ke atas ada pelangi. Cakeppp banget! Tapi travelers, nggak selamanya ada musim hujan. Dan kalo musim kemarau udah datang, mungkin akan sulit buat kita menikmati fenomena alam yang cantik ini.

Kamu tau nggak kalo pelangi bukan hanya ada di langit, tapi juga ada di air terjun? Iya bener, seperti yang ada di film-film petualangan di hutan Amazon yang terkenal itu lho. Tapi kamu enggak perlu ke Amazon kalo pengen liat air terjun berpelangi, travelers. Karena fenomena ini bisa kamu nikmati di sekitar Tanah Airmu tercinta, Indonesia.

Screenshot 2015-03-11 14.06.12

Berasap tanpa api
Di mana-mana kalo ada asap pasti ada apinya, ya nggak travelers? Tapi di Air Terjun Telun Berasap enggak begitu. Asap yang kelihatan mengelilingi air terjun sebenarnya adalah kumpulan percikan air terjun yang mengalir sangat deras dan nggak putus-putus, trus menguap sehingga bentuknya mirip kabut. Jalan-jalanlah ke sini di pagi hari yang cerah, karena kalo lagi mujur kamu bisa melihat pelangi muncul di sekitar air terjun sebagai akibat percikan air yang kena panas matahari.

Kamu bisa mendatangi Air Terjun Telun Berasap dengan berkendara selama 10 jam dari Kota Jambi ke Kota Sungai Penuh. Dari sini kamu bisa naik angkutan umum ke Desa Telun yang jaraknya 60 km dari kota. Kalo udah nyampe di desa, tinggal jalan kaki sebentar dan sampailah kamu di Air Terjun Telun Berasap.

Ada dua cara untuk menikmati keindahan air terjun atau untuk foto-foto narsis di dekatnya (tapi awas jangan sampai kecebur karena arusnya deras banget). Yaitu dengan duduk-duduk di pondok sekitar air terjun, atau nangkring di pinggir tebing di atas Air Terjun Telun.

Di Desa Telun belum ada hotel atau penginapan, travelers. Jadi kamu musti menginap di rumah-rumah penduduk desa kalo sedang nggak berhasil melihat pelangi, dan ingin kembali ke air terjun keesokan harinya. Penduduk setempat cukup ramah dan kamu pun jadi punya banyak teman sesudah kunjunganmu ke Air Terjun Telun Berasap.

Yuk ke jalan ke Jambi musim liburan besok! Lakukan persiapan petualanganmu dengan memesan tiket ke Jambi via Pegipegi sekarang juga.

(Visited 307 times, 1 visits today)

Comments

To Top