Destinasi

Fenomena Reog Ponorogo dan Ilmu Kanuragan yang Melegenda

Bagi kamu yang mencintai kebudayaan Indonesia, seni tari Reog sudah pasti terdengar sangat familiar. Berasal dari Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, Reog dijuluki seni tari yang legendaris.

Pamor tarian yang biasa dipentaskan jelang malam bulan purnama ini juga terdengar hingga ke luar negeri. Beberapa kali, Reog Ponorogo meraih penghargaan hingga manggung di depan warga internasional di belahan dunia lainnya seperti Taiwan dan Filipina.

Namun, di balik pamornya yang mengilap, Reog Ponorogo menyimpan banyak cerita unik. Beberapa di antaranya terasa mistis karena menyangkut asal usul dari tarian ini.

Salah satunya soal Prabu Kelono Sewandono. Pemimpin Kerajaan Batarangin ini berniat meminang putri dari Kerajaan Kediri, Dewi Songgo Langit. Sedangkan, sang putri ternyata juga dilirik oleh Raja Singabarong dari Kerajaan Lodaya.

Secara otomatis, Dewi Songgo Langit memilih Singabarong karena Prabu Kelono dinilai punya kebiasaan aneh, menyukai anak laki-laki. Nah, agar bisa menolak secara halus, sang putri mengajukan sebuah syarat kepada Kelono untuk menciptakan sebuah tontonan menarik dengan binatang berkepala dua di dalamnya.

Awalnya Kuda Kembar

Nah, secara mengejutkan, Prabu Kelano mampu menyiapkan apa yang diminta sang putri dan siap dipentaskan. Ia pun memutuskan untuk bertandang ke Kerajaan Kediri untuk mementaskan di hadapan sang putri.

Sayang, di perjalanan, rombongannya dihadang oleh Singobarong yang berubah menjadi singa raksasa. Wujudnya tersebut yang kini menghiasi topeng dari Reog Ponorogo.

Pertempuran pun meletus dengan kemenangan berada di tangan Kelono Seandono. Kisah ini yang ternyata menjadi latar belakang dari Reog Ponorogo dan sudah dipertontonkan selama ratusan tahun.

Ilmu Kanuragan

Untuk mementaskan Reog Ponorogo, para penari harus mengangkat topeng Reog dengan berat 50 kilogram. Saking beratnya, topeng Reog diklaim sebagai topeng seni terberat di dunia.

Nah, untuk mengangkat topeng sambil menampilkan tarian, bukan pekerjaan yang mudah. Tiap penari harus menguasai ilmu kanuragan yang dilatih dalam tempo lama.

Ilmu kanuragan sendiri merupakan ajian sakti yang mampu mengeluarkan energi khusus dalam melawan musuh. Ilmu Kanuragan sendiri akrab dengan kebudayaan Jawa dan punya fungsi untuk menaikkan derajat seseorang.

Jika sudah menguasai ilmu ini, seseorang bakal kebal dengan serangan apapun. Bahkan, kata kekal dapat berlaku jika seseorang memutuskan untuk terus memiliki ilmu ini.

Untuk mendapatkan Kanuragan, kamu harus melakukan pertapaan dalam waktu lama. Salah saunya dengan berpuasa pada waktu dan durasi tertentu untuk mendapatkan energi mistis tersebut selama 40 hari lamanya.

Nah, kira-kira kamu tertarik buat mempelajari tarian Reog ini?

Buat kamu yang ingin ke Ponorogo, transit dulu di Kediri. Jangan lupa untuk sekalian pesan tiket pesawat atau tiket kereta api murah ke Kediri dan cari hotel murahnya lewat Pegipegi, ya! Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah ke Kediri  pesan tiket kereta api murah ke Kediri  cari hotel murah lain di Kediri

*Harga berlaku saat artikel dibuat

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top