Destinasi

Fenomena langka di air terjun Coban Pelangi Malang

Coban Pelangi Malang

Air terjun yang bisa mengeluarkan aneka warna pelangi bukan mitos, travelers. Di Air Terjun Coban Pelangi kamu bisa menjadi saksi dari fenomena alam yang langka ini, sekaligus memanjakan mata dengan melihat-lihat hijaunya panorama pegunungan di sekitrnya.

Coban Pelangi Malang, keindahan di kaki Gunung Semeru

Coban Pelangi Malang

foto: m1qbal.wordpress.com

Nama Air Terjun Coban Pelangi populer di kalangan pendaki Gunung Semeru, karena letaknya yang memang berada di jalur pendakian menuju gunung tertinggi di Pulau Jawa. Air terjun cantik ini ada di ketinggian 1400 meter dari permukaan air laut jadi nggak heran kalo suhu udaranya di sekitar Coban Pelangi sangat menggigit, yaitu antara 19-23 derajat celcius.

Pastikan dirimu berada dalam kondisi fit jika benar-benar berniat jalan ke Coban Pelangi, karena air terjun ini terletak di lokasi yang cukup menantang. Kamu musti melalui jalan menanjak dengan sudut kemiringan mencapai 45 derajat, batu-batu berlumut yang bisa akan sangat licin kalo kamu datang ke Coban Pelangi di musim hujan. O ya, jangan lupa bawa baju hangat juga ya, travelers.

Pepohonan di sekitar Coban Pelangi masih relatif rapat, nyaris seperti ngggak terjamah tangan manusia. Selain bisa mengisi paru-paru kamu dengan udara segar sebanyak-banyaknya, kamu juga bisa menikmati suara nyanyian burung dan aneka satwa liar penghuni hutan sekitar Coban Pelangi.

Itu semua tentu berkat usaha keras para penduduk sekitar Coban Pelangi, yaitu di Desa Ngadas dan Poncokusumo yang masih memegang teguh nilai-nilai warisan leluhur. Para penduduk di kedua desa ini mayoritas beragama Hindu dan ada juga yang beragama Islam, travelers. Meski demikian mereka bisa hidup berdampingan dengan damai dan menjaga keselarasan dengan alam sekitarnya.

Waktu paling cocok buat datang ke Coban Pelangi adalah jam 10 pagi sampai jam 2 siang, travelers. Karena pada jam tersebut kamu berpeluang melihat fenomena munculnya pelangi yang terjadi akibat pembiasan sinar matahari oleh butir-butir air terjun yang memercik ke udara. Di atas jam 2 siang kabut biasanya sudah turun dan menghalangi sinar matahari sehingga fenomena unik ini akan menghilang.

Lokasi dan cara menuju Coban Pelangi Malang

Air Terjun Coban Pelangi berada dan dikelola di bawah pengawasan Perum Perhutani Malang, serta merupakan bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Coban (air terjun dalam bahasa Jawa) cantik ini terletak 32 km dari pusat Kota Malang atau 10 km dari Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang.

Cara termudah mendatangi Coban Pelangi adalah dengan menyewa mobil atau naik sepeda motor menuju ke arah timur dari pusat Kota Malang, atau ke arah Kecamatan Tumpang. Nggak sulit untuk menemukan jalan ke Kecamatan Tumpang karena di sepanjang jalan protokol Kota Malang lengkap dengan papan petunjuk ke berbagai arah. Cek kendaraan kamu sebelum berangkat dan pastikan remnya tidak blong karena jalan untuk mencapai Coban Pelangi cukup bikin deg-degan, terutama beberapa kilometer setelah memasuki wilayah Desa Gubuk Klakah, travelers. Sebelum sampai di pertigaan Jemplang atau pertigaan ke Gunung Bromo dan Gunung Semeru kamu akan melihat papan nama Air Terjun Coban Pelangi di sisi kanan jalan.

Nggak perlu berkecil hati kalo kamu nggak bisa menyewa mobil atau sepeda motor, karena kamu juga bisa mendatangi Coban Pelangi dengan naik angkutan umum, travelers. Dari Terminal Arjosari Malang, kamu naik angkutan umum yang menuju ke arah Tumpang. Sampai di sini kamu hanya bisa melanjutkan perjalanan kamu ke Coban Pelangi dengan naik ojek, travelers.

Kamu juga harus jalan kaki dulu sejauh 1 km sebelum bisa menjadi saksi atas keindahan Coban Pelangi. Nggak usah khawatir bakal lapar dan haus karena tersedia beberapa warung makan sederhana di sekitar Coban Pelangi.

Mau cabut ke Malang buat datang ke Coban Pelangi sekarang? Pesan tiket pesawat ke Malang dan booking hotel dulu di Pegipegi ya travelers.

(Visited 8,495 times, 1 visits today)

Comments

To Top