Berita

Bingung Tentang Refund di Pegipegi? Ini Penjelasannya

refund pegipegi faq

Sejak kasus Corona pertama kali diumumkan di Indonesia, hampir semua orang melakukan pembatalan perjalanan

Menurut data Angkasa Pura I, sejak Januari sampai dengan Februari 2020, terjadi sebanyak 12.703 pembatalan penerbangan, dari 11.680 rute domestik dan 1.023 rute internasional. Jumlah ini belum termasuk pembatalan yang dilakukan oleh maskapai asing.

Di situasi pandemi saat ini, ada dua kendala yang biasanya akan pelanggan hadapi. 

1. Waktu refund yang cukup lama 

Waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan refund secepat-cepatnya adalah 30 hari kerja, sejak pengajuan refund diterima. Di waktu normal, proses ini bisa berlangsung lebih cepat. 

Namun, di situasi sekarang, saat request refund melonjak dengan tinggi bahkan hingga 6 kali lipat dari masa normal membuat antrian menjadi lebih panjang. Hal ini turut mengakibatkan proses refund berlangsung atau memakan waktu lebih lama.

2. Bentuk refund yang diterima adalah non-tunai

Menurut Gerry Soejatman, seorang pengamat penerbangan, situasi ini merupakan situasi yang tidak biasa bagi pelaku industri. Mereka perlu beradaptasi dengan memberikan opsi alternatif. Hal ini mengacu pada sistem “Top Up Balance” yang lumrah bagi pelaku industri travel.

Trinity, seorang travel blogger juga menyampaikan keprihatinannya terhadap dunia usaha perjalanan yang terdampak akibat Covid-19. Menurutnya, jumlah peningkatan refund yang terjadi baik di maskapai maupun di travel agent menjadi tantangan yang besar karena jumlah lonjakan refund yang meningkat sangat tinggi.

 

View this post on Instagram

 

Akhir Maret 2020 saya dan sahabat saya ini harusnya lagi leyeh-leyeh di pantai pasir putih di Pulau Sumba. Apa daya dibatalkan karena pandemi Corona. Proses refund tiket pesawat dan hotel memang agak lama, tapi tetep balik kok. _ Barusan saya ikut Diskusi Panel Virtual: Tantangan Kompleksitas Pengembalian Dana Industri Travel di Tengah Pandemi Covid-19. Mendengar penjelasan Ibu Pauline (Sekjen @astindo_asosiasi) dan Pak @gerryairways (aviation expert), saya jadi tahu bahwa refund tiket itu sistemnya ribet minta ampun! _ Bayangkan, dalam keadaan normal refund itu paling 1% dari jumlah tiket. Pada masa pandemi, refund hampir 100%. Kalau jumlah tiket sebulan ada 10 juta, berarti ada kenaikan jumlah tiket yg di-refund dari 100 ribu ke 10 juta! _ Travel agent saat ini pun posisinya kejepit. Sistem antara travel agent dan maskapai itu ternyata kayak isi pulsa. Jadi travel agent “isi saldo” ke maskapai yang nanti saldo tersebut dipotong kalau ada pembelian tiket. Nah, refund itu akan dikembalikan ke saldo, bukan dikembalikan dalam bentuk cash. You know, kuota data ga bisa balik jadi cash kan? Selama ini kalau travel agent kasih refund ke kita berupa cash itu diambil dari kas mereka sendiri lho! Nah sekarang, gimana mau balikin cash ke konsumen kalau pemasukan ga ada karena ga ada yang beli tiket? Belum lagi tiap maskapai peraturannya beda-beda dan bisa berubah terus tiap minggu. _ Intinya, kita semua harus sabar dan perlu memahami prosesnya secara menyeluruh. Ini terjadi di industri pariwisata dan perjalanan seluruh dunia sehingga antreannya puanjang banget! Kalau diganti travel voucher ya terima aja karena memang itu jalan tengah terbaik yang bisa diberikan. Toh masih bisa digunakan di lain waktu. Yang penting kita semua saling dukung. Biar saat pandemi ini berakhir, kita bisa jalan-jalan lagi! 🙏

A post shared by Trinity (@trinitytraveler) on

Untuk itu, maskapai dan travel agent berkomitmen untuk memberikan solusi terbaik kepada seluruh pelanggan dengan memberikan dua solusi refund non-tunai. Pertama adalah travel voucher dari maskapai. Metode pengembalian ini merupakan cara yang biasa dilakukan oleh maskapai penerbangan, berbentuk voucher yang dapat dipakai untuk rencana penerbangan berikutnya.

Kedua yaitu dengan kupon dari travel agent. Seperti kupon Pegipegi, di mana hal ini terjadi ketika maskapai mengembalikan refund dalam bentuk “Top Up Balance” yang tidak dapat dicairkan menjadi uang tunai/fisik. 

Pegipegi memohon maaf atas ketidaknyamanan seluruh pelanggan yang terdampak perjalanannya. Kami berkomitmen dan terus berupaya semaksimal mungkin untuk memberikan solusi terbaik bagi seluruh pelanggan. 

Terima kasih atas kepercayaan dan kesabaran kamu. 

PESAN TIKET BUS MURAH PESAN TIKET PESAWAT MURAH PESAN TIKET KERETA API MURAH CARI HOTEL MURAH

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top