Berita

Fakta Pulau di Indonesia, Bertambah Setiap Tahunnya

Dikenal sebagai salah satu negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia memiliki jumlah sekitar 16.771 pulau pada tahun 2020. Di antaranya lima pulau besar yang ramai dihuni, yaitu Papua, Kalimantan, Sumatra, Sulawesi, dan Jawa. Selain itu, terdapat ribuan pulau kecil yang melengkapi pulau-pulau yang ada. Menariknya, di tahun 2021 ini jumlah pulau di Indonesia bertambah sebanyak 229 dengan total keseluruhan menjadi 17.000 pulau.

Kok bisa, ya? Berikut penjelasannya!

Bukan Pulau Baru

Dirangkum dari berbagai sumber, Kepala Pusat Pemetaan Kelautan dan Lingkungan Pantai (PPKLP) BIG, Yosef Dwi Sigit Purnomo atau yang kerap disapa Sigit, telah melakukan rapat bersama Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia (Kemenko Marves) terkait bertambahnya pulau di Indonesia yang genap menjadi 17.000. Pertambahan pulau tersebut diperoleh dari data Badan Informasi Geospasial (BIG) 2021. 

Sigit juga menambahkan, bahwa perlu ditelaah lebih mendalam lagi karena masih banyak ditemukan objek yang teridentifikasi bukan pulau. Hal ini karena ada reklamasi dan belum diverifikasi rupabumi di data Kementerian Kelautan dan Perikanan (KPP). Oleh sebab itu, harus ada diskusi mengenai reklamasi, apakah dapat dihitung masuk ke Gazeter atau tidak.

Namun, pulau yang baru ditemukan tersebut sebenarnya bukan pulau baru yang muncul dari daratan. Melainkan pulau-pulau yang sudah teridentifikasi dan sedang dalam proses verifikasi lebih lanjut. Jika dalam waktu dekat 229 pulau dapat diverifikasi dan disepakati bersama oleh kementerian, maka daftar pulau-pulau tersebut akan dimasukkan ke dalam BIG dan Gazeter Republik Indonesia Tahun 2021 yang rencananya diterbitkan pada 30 November 2021.

Dikutip dari berbagai sumber, Gazeter Republik Indonesia sendiri adalah daftar yang berisi nama Rupabumi baku, nama daerah, nama wilayah administrasi, dan nama ibu kota Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

Apa Itu Pulau?

Sekadar info, saat ini, penetapan pulau dilakukan berdasarkan empat syarat. Yaitu: 

  1. Terdapat area lahan daratan yang terbentuk secara alami, 
  2. Bukan hasil reklamasi,
  3. Dikelilingi oleh air,
  4. Dan selalu berada di atas pasut tinggi.

Lebih lanjut, Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2014 tentang Kelautan pada pasal 1 ayat (3) menyebutkan, bahwa pulau adalah wilayah daratan yang terbentuk secara alamiah yang dikelilingi air dan berada di atas permukaan air pada waktu air pasang.

Nah, itu dia informasi menarik yang perlu SobiPegi ketahui. Dengan bertambahnya pulau di Indonesia, berarti membuka peluang juga agar setiap pulau dapat dilestarikan menjadi kekayaan alam. Siapa tahu, nantinya dapat dimanfaatkan sebagai salah satu destinasi wisata menarik yang bisa kamu kunjungi.

Buat kamu yang tertarik traveling keliling Indonesia, jangan lupa pesan tiket pesawat, tiket kereta api, tiket bus, dan hotel promo hanya di Pegipegi biar lebih hemat!

PESAN TIKET PESAWAT PESAN TIKET KERETA PESAN TIKET BUS PESAN HOTEL MURAH

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play
apps-store

Comments

To Top
%d bloggers like this: