Destinasi

Fakta Menarik Pantai Nunggalan, si Cantik di Balik Tebing

pantai nunggalan bali

Membahas Bali nggak akan lengkap tanpa menyebut beragam pantai yang ada di sana. Dari ujung ke ujung, kamu bisa menemukan banyak sekali pantai. Salah satu pantai layak untuk dijajal adalah Pantai Nunggalan.

Pantai Nunggalan, Bali, terletak di balik tebing karang. Tepatnya, berlokasi di Desa Pecatu, Uluwatu, pesisir Bali Selatan. Kawasan ini juga sudah terkenal sebagai salah satu kawasan pariwisata. Penasaran dengan pantai ini? Yuk, kita cari tahu apa saja keistimewaannya!

Paduan Tebing Karang & Pasir Putih

pantai nunggalan bali
Sumber: IG @baligasm

Daratan Pantai Nunggalan merupakan kombinasi indah antara tebing karang dengan pasir putih. Pengunjung harus melewati bukit karang yang terjal sekitar 3 km. Butuh sekitar 30 hingga 45 menit untuk tiba di pantai ini.

Bila datang dengan kendaraan, maka pengunjung hanya bisa berhenti untuk parkir di Villa Plenilunio. Setelah itu, pengunjung dapat berjalan kaki dan menuruni bukit batu. Ada beberapa batu yang diberi cat berwarna sebagai penanda arah menuju pantai.

Meskipun curam dan berkarang, tebing yang dilewati juga asri dan cukup rimbun. Banyak rerumputan yang tumbuh menghiasi permukaan tebing. Jadi, mata kamu akan dimanjakan dengan pemandangan tebing hijau, bercampur dengan pasir putih dan air laut yang berwarna hijau kebiruan. Layaknya melihat lukisan indah, deh.

Cocok Bagi yang Ingin Agak Menyepi

Pantai ini berbeda dengan kawasan pariwisata lain di Bali seperti Denpasar, Kuta, dan Jimbaran. Untuk yang suka menyendiri, wisata pantai di Nunggalan benar-benar pilihan yang cocok. Pantainya sepi dari berbagai pedagang, jasa pijat, hingga seniman tato. Hanya ada satu pedagang makanan di sepanjang pantai tersebut.

Jika ingin bersantai di sini, jangan lupa sediakan biaya parkir bagi yang datang dengan kendaraan. Kendaraan yang dititipkan di Plenilunio mendapatkan tarif parkir per jam, sesuai ketentuan yang berlaku saat itu.

Berwisata Melihat Kapal Karam

pantai nunggalan bali
Sumber: IG @pemburu.sunrise.sunset

Meskipun relatif sepi, Pantai Nunggalan Bali mempunyai satu atraksi wisata yang sangat unik. Pernah melihat bangkai kapal karam di pantai? Di sinilah tempatnya. Banyak wisatawan yang datang khusus berfoto di bangkai kapal karam ini. Bangkai kapal karam ini semakin terlihat Instagrammable dengan lukisan mural yang menghiasinya.

Kegiatan Lain yang Bisa Dilakukan

Selain berfoto-foto di dekat bangkai kapal karam, pengunjung juga bisa melakukan banyak hal di sini. Misalnya, berselancar, jalan-jalan di pinggir pantai, berenang, hingga berkemah. Nikmati juga lembutnya pasir putih dan debur ombak yang menenangkan hati.

Tips Bersantai di Pantai Nunggalan

pantai nunggalan bali

Memang, wisata di Pantai Nunggalan menyenangkan. Bagi yang nggak begitu suka keramaian, pantai ini bisa menjadi pilihan tepat. Demi keselamatan dan kenyamanan pengunjung, sebaiknya kamu perhatikan tips di bawah ini sebelum berkunjung ke Pantai Nunggalan:

  1. Sediakan sepatu dan sandal

Saat berjalan-jalan di pantai, enaknya memang hanya memakai sandal atau nggak sama sekali. Namun, mengingat sebelumnya harus naik tebing karang dulu, sebaiknya bawa juga sepatu nyaman untuk dipakai. Selain lebih aman, kaki akan terhindar dari cedera atau kecelakaan lainnya.

  1. Sediakan bekal sendiri

Berhubung pedagang makanan hanya sedikit, sebaiknya sediakan bekal sendiri dari rumah. Jangan sampai piknik di Pantai Nunggalan Bali jadi nggak asyik gara-gara lapar dan haus. Yang pasti, jangan lupa juga untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Bawalah kantong sendiri untuk mengumpulkan sampah bungkus makanan dan minuman. Saat pulang, bawa sampah dan jangan tinggalkan di pantai.

  1. Perhitungkan waktu tempuh dan saat kembali

Mengingat jarak tempuh ke pantai yang cukup jauh dan berliku, perhitungkan waktu dengan cermat. Bila datang terlalu sore, pengunjung akan mendaki pulang dalam keadaan gelap. Pantai yang sepi berarti juga berkurangnya cahaya penerang selepas senja.

  1. Persiapkan kondisi fisik yang prima

Menaiki tebing karang yang cukup terjal juga butuh kondisi fisik prima. Pastikan kondisi tubuh kamu dalam keadaan sehat dan nggak sedang menderita migrain atau vertigo. Terlebih lagi, pengunjung akan melakukan pendakian dua kali, yaitu saat berkunjung ke pantai dan saat kembali ke parkiran villa.

  1. Waspadai perubahan gelombang laut

Banyak yang senang berenang dan berselancar di Pantai Nunggalan Bali. Namun, karena sepi, pantai ini nggak ada penjaga pantai. Untuk itu, pengunjung harus lebih waspada secara mandiri. Perhatikan bila gelombang air laut mulai lebih tinggi. Biasanya, air mulai naik lebih tinggi menjelang sore hari.

Nah, itu dia beberapa fakta menarik seputar berwisata di salah satu pantai terindah di pesisir selatan Bali ini. SobiPegi tertarik untuk menjajal Pantai Nunggalan? Sebelum traveling ke sana, jangan lupa pesan tiket pesawat dan hotel di Bali lewat Pegipegi, ya!

PESAN TIKET PESAWAT PESAN HOTEL MURAH

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play
apps-store

Comments

To Top
%d bloggers like this: