User Review

Fakta-fakta Unik Seputar Perayaan Valentine’s Day

Selamat Hari Kasih Sayang, travelers! Inilah hari yang ditunggu-tunggu oleh para pasangan dari seluruh dunia, karena mereka percaya tanggal 14 Februari adalah hari baik untuk menyatakan cinta. Sedangkan buat mereka yang udah jadian, Valentine’s Day dipercaya dapat membangkitkan kembali api asmara setelah sedikit pudar karena sering bertengkar atau karena LDR (long distance relationship/pacaran jarak jauh). Nah, kalo kamu dan si dia termasuk pasangan jenis yang mana, travelers?

Screenshot 2015-02-15 02.42.54

Kali ini Pegipegi akan mengulas tentang berbagai fakta unik seputar Valentine’s Day yang mungkin bisa memberimu inspirasi tentang apa yang mau kamu berikan buat si pacar di Hari Kasih Sayang.

1. Menulis surat untuk Juliet

Kamu pernah baca atau lihat film Romeo and Juliet nggak, travelers? Kisah legendaris namun tragis sepasang kekasih yang menemui ajal di usia muda karena cinta yang nggak mendapat restu orangtua mungkin buat kamu kurang heboh dan terlalu jadul. Tapi itu nggak berlaku buat masyarakat Italia, khususnya yang tinggal di seputar Verona, kota di mana kedua pasangan abadi ini pernah tinggal.

Sekitar 1000 surat dikirimkan ke Verona setiap tahun di Hari Valentine, dan semua surat itu ditujukan untuk Juliet. Ada yang menyatakan cinta pada Juliet, menyesal kenapa ia memilih Romeo dan mengakhiri hidup dengan cara bunuh diri. Tapi ada juga yang memberi dukungan pada Juliet untuk terus mempertahankan jalinan cinta terlarangnya dengan Romeo, travelers. Sayangnya, sampe saat ini belum diketahui apakah Romeo juga menerima surat sebanyak Juliet.

2. Mawar merah

Dewi Venus, dewi cinta dalam mitologi Romawi, sangat menyukai bunga mawar, khususnya yang berwarna merah. Bunga ini juga menjadi lambang perasaan cinta yang teramat dalam, maka nggak heran kalo sekitar 50 juta tangkai mawar merah terjual setiap tahun menjelang Valentine’s Day. Sebagian besar pembeli mawar merah itu adalah kaum pria dengan presentase sebanyak 73%. Sedangkan 27% sisanya adalah kaum wanita. Hmm .. ternyata para perempuan lebih suka diberi mawar merah ya daripada memberikannya pada seseorang. Trus kalo nggak ada yang ngasih mawar merah gimana dong? Beli sendiri aja keless ..

3. Berbagi coklat

Kamu perempuan muda yang aktif, kreatif dan hobi masak, travelers? Kalo gitu, coba deh tradisi Valentine unik ala Jepang berikut ini. Di Jepang, kaum perempuanlah yang pertama kali membagikan coklat pada para pria di Hari Kasih Sayang. Ada dua jenis coklat, travelers. Giri-choko yang diberikan para cewek Jepang buat sahabat, teman sekelas, teman kerja atau atasan laki-laki mereka.

Sedangkan yang kedua adalah Honmei-choko, yaitu coklat yang diberikan si cewek khusus buat pacar, suami atau gebetan mereka. Namanya juga berbagi coklat buat orang yang disayang, pasti lebih oke dan cakep kalo coklat itu mereka buat sendiri. Gebetanmu bisa jadi akan tersentuh dengan segala pengorbanan dan jerih payahmu demi membuat coklat spesial Valentine, dan cintamu (mudah-mudahan) tak akan bertepuk sebelah tangan.

Sebulan berikutnya, atau di tanggal 14 Maret, para cowok wajib membalas pemberian coklat dari para gadis. Hari ini hanya dirayakan di Jepang dan dikenal dengan nama White Day.

4. Merayakan persahabatan

Finlandia punya cara yang nggak kalah unik dalam merayakan Valentine, travelers. Jauh-jauh hari sebelum Valentine’s Day mengglobal di seluruh dunia, masyarakat Finlandia telah memperingati tanggal 14 Februari sebagai Hari Persahabatan, atau Ystavanpaiva. Mereka memperingati hari ini dengan saling berkirim hadiah, coklat dan bunga, atau saling berkunjung ke rumah sahabat. Kuliner yang hanya dimasak di Hari Persahabatan seperti Kalakukko (roti isi ikan panggang) dan Gravlax (irisan ikan salmon mentah berbumbu garam dan merica) akan disajikan bagi siapa saja yang ingin memperingati indahnya hubungan pertemanan yang udah terjalin bertahun-tahun.

Ysatavanpaiva masih dirayakan sampai saat ini di Finlandia dan membuat perayaan Valentine menjadi makin bermakna. Valentine’s Day juga menjadi hari favorit kalangan muda Finlandia untuk menyatakan cinta pada gebetan masing-masing.

5. Surat misteri

Kalo menurut kamu mengirim bunga dan coklat dah terlalu mainstream, gimana kalo kita contek ritual Valentine masyarakat Denmark ini? Di hari Valentine seseorang akan menulis puisi atau pernyataan cinta di atas selembar kertas yang digunting hingga menyerupai tetesan salju yang indah. Surat itu nggak ada nama pengirimnya, travelers. Tapi si penerima surat bisa menebak siapa pengirimnya dengan menggabungkan kata-kata bertanda khusus dalam surat itu. Seru ‘kan?

Satu lagi, travelers. Tradisi ini disebut Gaekkebrev dan hanya dilakukan oleh kaum pria. Eits .. jangan mikir yang nggak-nggak dulu ya. Gaekkebrev dalam bahasa setempat artinya adalah surat iseng, dan jelaslah bahwa surat cinta yang dikirim oleh dan ke sesama pria ini bukan gejala homoseksualitas. Melainkan hanya sekedar guyonan belaka.

Gimana dengan kamu, travelers? Sudahkah kamu punya ritual Valentine unik sendiri?

(Visited 244 times, 1 visits today)

Comments

To Top